PPKM Darurat Berubah Menjadi PPKM Level 4, Bagaimana Dengan Syarat Perjalanan Menggunakan Mobil Pribadi?

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Aktivitas Masyarakat Covid-19 Level 4 di Wilayah Jawa dan Bali.

    Pada Selasa (20/7/2021), pemerintah resmi memperpanjang PPKM Darurat hingga Minggu (25/7/2021).

    Namun, saat ini istilah PPKM Darurat sudah tidak digunakan lagi.

    Istilah PPKM Darurat diganti berdasarkan kondisi pandemi yang dikategorikan menjadi empat tingkatan.

    “Kami sekarang mengkategorikan (kondisi pandemi) menjadi level 1, level 2, level 3, level 4.”

    Baca juga: Komisi XI: Perpanjangan PPKM Darurat, Kebutuhan Masyarakat Harus Diperhatikan

    Baca juga: Kriteria Penerima Subsidi Gaji Rp 1 Juta, Hanya di Zona PPKM Level 4 Sektor Terdampak

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendampingi Presiden Joko Widodo mengunjungi Kawasan Food Estate di Desa Siria, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Jumat (30/10/2020). (Instagram @luhut.pandjaitan)

    “Level 4 sama dengan PPKM Darurat. Jadi istilah darurat tidak lagi kita pakai, gunakan saja level,” jelas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves), Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa, dilansir Tseribu berita.

    Menindaklanjuti hal tersebut, Tito juga menerbitkan Inmendagri Nomor 22 Tahun 2021 yang ditandatangani pada 20 Juli lalu.

    Inmendagri berisi aturan bagi warga yang ingin bepergian menggunakan mobil pribadi.

    Peraturan tersebut tidak berbeda dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat Covid-19 Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 2 Juli 2021.

    Berikut adalah persyaratan bagi pemudik domestik untuk menggunakan mobil pribadi, sepeda motor, dan angkutan umum jarak jauh (pesawat, bus, kapal, dan kereta api), yang tertuang dalam diktum ketiga butir l Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021:

    Petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat Kota Bandung memerintahkan penumpang mobil pribadi yang duduk di kursi depan untuk pindah ke kursi belakang di Pos Pemeriksaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Bandung di Jalan Cibaduyut Raya. , Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (3/5/2020).  Pelaksanaan PSBB Bandung Raya pada hari ke-11 di pos-pos pemeriksaan perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, masih banyak yang melanggar sehingga memaksa petugas memerintahkan pengendara untuk memutar balik.  Tribun Jawa Barat/Gani Kurniawan
    Petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat Kota Bandung memerintahkan penumpang mobil pribadi yang duduk di kursi depan untuk pindah ke kursi belakang di Pos Pemeriksaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Bandung di Jalan Cibaduyut Raya. , Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (3/5/2020). Pelaksanaan PSBB Bandung Raya pada hari ke-11 di pos-pos pemeriksaan perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, masih banyak yang melanggar sehingga memaksa petugas memerintahkan pengendara untuk memutar balik. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/07/22/ppkm-darurat-diganti-jadi-ppkm-level-4-bagaimana-dengan-syarat-perjalanan-pakai-mobil-pribadi