PPKM Darurat, Dirjen Hubdat Minta Pengguna Jasa Penyeberangan Jawa-Bali Lengkapi Syarat Perjalanan

Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi menegaskan, pemudik yang menggunakan angkutan penyeberangan harus menunjukkan persyaratan perjalanan selama masa PPKM darurat.

Menurut dia, persyaratannya adalah kartu vaksin dan surat keterangan hasil tes RT-PCR negatif yang sampelnya diambil paling lama 2 x 24 jam.

“Sebagai syarat perjalanan, Anda juga harus mengisi e-HAC Indonesia. Kami imbau kembali kepada masyarakat karena hingga saat ini masih banyak pemudik di lintas Jawa-Bali yang belum memenuhi persyaratan tersebut. Terutama persyaratan kartu vaksin yang belum bisa dipenuhi sejumlah calon penumpang,” kata Dirjen Budi, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Kapolri Luncurkan Strategi Pemblokiran PPKM Darurat untuk Hindari Kerumunan

Kementerian Perhubungan terus melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat khususnya calon penumpang untuk melengkapi persyaratan perjalanan penyeberangan.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi (IST)

Hal ini untuk meminimalisir antrian dan keramaian di Pelabuhan Ferry.

“Kami dari Ditjen Hubdat mengimbau kepada petugas di jalur Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, dan Padangbai-Lembar untuk lebih mengantisipasi kebutuhan masyarakat tersebut agar tidak terjadi antrean panjang saat mengecek kondisi perjalanan,” ujarnya.

Baca juga: Polisi Akan Buat Jalur Khusus Ambulans dan Tenaga Kesehatan di Pos Pemblokiran PPKM Darurat

Namun, Kementerian Perhubungan tetap menekankan agar masyarakat tidak bepergian jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Saat ini, Dirjen Budi menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian di sejumlah provinsi untuk menyosialisasikan Permendiknas 43 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Domestik Dengan Transportasi Darat Selama Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). -19) Pandemi.



https://www.tribunnews.com/nasional/2021/07/07/ppkm-darurat-dirjen-hubdat-imbau-pengguna-jasa-penyeberangan-jawa-bali-lengkapi-syarat-perjalanan