PPKM Darurat, Merchant di ITC Bandung Scream

Merchant di ITC Bandung awalnya 2.700 kios, saat pandemi ada 800 dan sekarang 480 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Kebijakan penutupan pusat perbelanjaan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat (PPKM) mulai 3 Juli hingga 20 Juli membuat para pedagang pusat perbelanjaan ITC Kebon Kalapa di Kota Bandung tidak bisa berjualan dan merugi. Akibat pandemi COVID-19, banyak pedagang terpaksa menutup usahanya.

Ketua Umum Himpunan Pedagang ITC Kebon Kalapa Bandung Agus Juandi Fadilah mengatakan, jumlah pedagang di kios-kios di ITC mencapai 2.700 orang. Namun sejak pandemi Covid-19, hanya 800 pedagang yang bertahan dan kini setelah PPKM Darurat berkurang menjadi 480 pedagang.

“Hampir 80 persen tidak melanjutkan (usahanya) karena tidak memiliki kemampuan, dampak penutupan itu dirasakan pedagang,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (4/7). Bisnis pakaian menjadi sektor yang paling terpukul akibat pandemi Covid-19.

Dia mengatakan, penutupan jalan selama masa pembatasan aktivitas masyarakat membuat pedagang merugi karena sepi pengunjung. Para pedagang akhirnya kesulitan untuk membiayai operasional sehari-hari mereka.

Agus mengatakan, bagi pedagang yang mencicil ke bank, pendapatan yang diperoleh dibayarkan untuk cicilan, pegawai, dan listrik. Namun karena kebijakan penutupan pusat perbelanjaan, akhirnya para pedagang tidak mampu membayar dan merugi.

Pemilik kios di ITC Bandung juga terkena imbasnya karena tidak bisa berjualan. Lebih miris lagi, Agus merasa para pedagang tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah dalam bentuk sembako atau uang tunai.

Ia menduga pemerintah menilai para pedagang di pusat perbelanjaan itu mampu dan tidak menerima bantuan apapun. Pandangan ini dianggap salah karena banyak pedagang yang berjualan di pusat perbelanjaan meminjam modal usaha dari bank. “Fakta itu tidak pernah terpikirkan, sama sekali tidak tersentuh,” katanya. Ia mengaku saat ini sedang berupaya agar pemerintah setempat mengakomodir permintaan para pedagang untuk bisa berjualan di areal parkir gedung ITC.



https://www.republika.co.id/berita/qvph3c384/ppkm-darurat-pedagang-di-itc-bandung-menjerit