PPKM Darurat Telah Turunkan Mobilitas Masyarakat 10-15 Persen, Pekan Depan Akan Merata

    TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marinves) yang juga merupakan penanggungjawab pelaksanaan PPKM Darurat, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa penerapan PPKM Darurat di Jawa-Bali dalam seminggu terakhir, telah berhasil menurunkan mobilitas masyarakat 10-15 persen.

    Hal itu dikatakan Luhut rapat terbatas dengan Presiden, Senin, (12/7/2021).

    “Hasil yang kami dapat selama 3-10 Juli, seluruh provinsi Jawa Bali telah menunjukkan penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat pada level 10-15 persen,” kata Luhut.

    Penurunan tersebut diketahui berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan petugas menggunakan Google Traffic dan FB Mobility serta Indeks Cahaya Malam (NASA).

    Angka kata dia, masih di bawah target pemerintah yakni 20 persen.

    “Dari target kita sebenarnya 20 persen atau lebih. Implementasi di lapangan kami melihat lebih baik dan kami berharap sepekan kedepan aktivitas masyarakat juga turun sesuai harapan kita,” katanya.

    Baca juga: Anwar Abbas: Pemerintah Harus Siapkan Dana untuk Bantu Ekonomi Warga Terdampak PPKM

    Luhut berharap dengan turunnya mobilitas masyarakat, maka laju penyebaran Covid-19 akan ikut turun minimal di bawah 30 ribu kasus perhari.

    Saat ini penambahan kasus Covid-19 masih berada di kisaran 33 ribu sampai 38 ribu kasus perhari.

    “Tapi tingkat kesembuhan kita lihat meningkat banyak,” katanya.

    Luhut mengatakan apabila Implementasi PPKM Darurat berjalan baik dan disiplin masyarakat untuk mengurangi mobilitas maka kasus Covid-19 akan merata atau melandai pekan depan.

    Jadi kami berharap minggu depan sudah mulai, mungkin jika semua kita disiplin, akan mulai meratakan. Atau mulai akan merata dan kita berharap nanti akan terkendali. Dan kita berharap juga dengan disiplin kita semua, dan vaksin program jalan, prokes jalan, kombinasi semua ini pematuhan pada PPKM darurat, kita akan bisa bertambah baik,” pungkasnya.



    https://www.tribunnews.com/corona/2021/07/12/ppkm-darurat-telah-turunkan-mobilitas-masyarakat-10-15-persen-pekan-depan-akan-merata