PPKM Level 4, Walikota Tangsel Pastikan BST Terdistribusi

    Nominal BST yang disalurkan Rp 600 ribu per KPM.

    REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN — Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 hingga 2 Agustus 2021. Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie memastikan pihaknya membagikan seluruh uang tunai. Bantuan Sosial (BST) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk meringankan beban di tengah pandemi Covid-19.

    Benjamin menjelaskan, perpanjangan PPKM level 4 dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Pemerintah Pusat. Pembatasan aktivitas masyarakat masih cukup ketat dalam peraturan baru tersebut. Sehingga pihaknya memastikan akan memberikan stimulus kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti BST.

    Untuk penyaluran bansos, telah disiapkan bansos tunai yang disalurkan dari Kemensos untuk masyarakat terdampak Covid-19. Penyaluran BST dilakukan secara bertahap mengikuti prosedur darurat PPKM level 4 yang berlangsung di Selatan. Kota Tangerang,” kata Benyamin, Senin (26/7).

    Dijelaskannya, penyaluran BST ini dilakukan bekerjasama dengan PT Pos Indonesia yang dilaksanakan secara sistematis pintu ke pintu. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan massa saat penyaluran bantuan. Pendistribusian BST, lanjutnya, sudah mulai dilakukan ke sejumlah desa, dan masih berlangsung hingga saat ini.

    “Bantuan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan, khususnya bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing,” jelasnya.

    Diketahui, Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan mencatat ada lebih dari 93.000 keluarga di Tangerang Selatan yang menerima BST dari Kementerian Sosial RI. Jumlah itu kurang dari 125.000 keluarga yang diusulkan. “Yang sudah ditetapkan Kemensos adalah 93 ribu,” kata Kepala Dinas Sosial Tangsel, Wahyunoto, belum lama ini.

    Nominal BST yang disalurkan Rp 600 ribu per KPM. Jumlah tersebut merupakan alokasi bantuan pada Mei 2021 senilai Rp300 ribu dan Juni 2021 dengan jumlah yang sama. “Kami sedang mengatur untuk bulan Mei dan Juni dibayar sekarang dua bulan sekaligus, jadi mereka menerima Rp 600 ribu,” jelasnya.

    Pendistribusian BST di Tangerang Selatan diketahui sudah dimulai pada Selasa (20/7) di Desa Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren. Sesuai data jadwal penyaluran BST oleh PT Pos Tangsel, penyaluran bantuan akan berlangsung hingga 7 Agustus 2021. Eva Rianti



    https://www.republika.co.id/berita/qwuq1u380/ppkm-level-4-wali-kota-tangsel-pastikan-bst-tersalurkan