Presiden Rusia Vladimir Putin Sebut AS Terlibat dalam Insiden Anglo-Rusia di Laut Hitam

    TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Rabu menyalahkan Inggris dan Amerika Serikat atas insiden antara pasukan Rusia dan kapal perusak Inggris. HMS Defender, di Laut Hitam minggu lalu. Dia mengatakan AS sengaja memprovokasi.

    Konfrontasi itu terjadi pada 23 Juni ketika Rusia mengatakan HMS Defender Inggris telah berubah menjadi perairan teritorial dekat Krimea, yang secara kontroversial dianeksasi Moskow pada 2014.

    Sebagai tanggapan, jet tempur Rusia melepaskan tembakan peringatan dan meledakkan sejumlah bom di jalur kapal perang Inggris.

    Pejabat Inggris membantah tembakan peringatan dan mengatakan HMS Defender berada di perairan Ukraina dan internasional.

    Menteri Lingkungan Inggris George Eustice mengatakan pekan lalu bahwa peringatan Rusia tidak akan mencegah London mengirim kapal melalui perairan yang sama di masa depan.

    Baca juga: Rusia Beri Tembakan Peringatan dan Bom ke Kapal Penghancur Inggris di Laut Hitam, Ini Kata Bahasa Inggrisnya

    Baca juga: Jet Rusia mengganggu kapal perang Belanda di Laut Hitam, sehari setelah insiden dengan HMS Defender

    Dalam sesi tanya jawab dengan media Rusia, Rabu (30/6), Putin juga menuding Amerika Serikat terlibat dalam perselisihan tersebut. “Ini, tentu saja, sebuah provokasi, yang sangat jelas,” kata Putin, menurut kantor berita TASS.

    Putin menuduh Amerika Serikat dan Inggris merencanakan episode itu bersama-sama.

    Menurutnya, sebuah pesawat mata-mata AS telah lepas landas dari Yunani pada hari yang sama untuk melihat bagaimana Rusia akan menanggapi kapal perang Inggris.

    Dia mengatakan dia kemudian menerima laporan dari pesawat pengintai militer AS.

    “Jelas bahwa kapal perusak itu disusupi untuk mengejar tujuan militer, mencoba mencari tahu dengan bantuan pesawat pengintai apa tindakan balasan yang akan dilakukan angkatan bersenjata kita terhadap provokasi semacam ini, untuk melihat fasilitas apa yang diaktifkan, di mana mereka berada dan bagaimana caranya. mereka bekerja,” katanya.

    Baca juga: Dokumen Rahasia Pertahanan Inggris Ditemukan di Halte Bus, Termasuk Kasus dengan Rusia di Laut Hitam

    Baca juga: Rusia dan China Perkuat Persahabatan, Perpanjang Perjanjian Kerja Sama Usai Pertemuan Biden-Putin



    https://www.tribunnews.com/internasional/2021/07/01/presiden-rusia-vladimir-putin-sebut-as-terlibat-dalam-insiden-inggris-rusia-di-laut-hitam