Program Beasiswa YLP MEXT ke Jepang untuk ASN Resmi Dibuka, Skor TOEFL ITP Minimum Harus 550

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi (MEXT) rupanya memiliki program beasiswa bagi pegawai negeri sipil (ASN) di seluruh Indonesia.

Program beasiswa MEXT Young Leaders Program (YLP) bertujuan untuk menghasilkan pemimpin masa depan di Asia dan negara lain.

Program YLP MEXT berkontribusi dalam membangun hubungan kerjasama yang baik antar berbagai negara, termasuk Indonesia.

Melalui program ini juga diharapkan dapat meningkatkan kegiatan perencanaan kebijakan dengan membentuk jejaring antar pemimpin nasional antar negara melalui pemahaman yang mereka peroleh selama studi.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo (Atdikbud KBRI Tokyo), Jepang, Yusli Wardiatno mengatakan, program YLP MEXT terbuka untuk ASN baik pusat maupun daerah.

Baca juga: Kemenkeu Kembali Luncurkan Beasiswa LPDP untuk Papua dan Papua Barat

Beberapa ASN yang pernah meraih beasiswa ini antara lain Lady Margaretha F. Sirait dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang menempuh studi Administrasi Kesehatan di Sekolah Pascasarjana Kedokteran Universitas Nagoya.

Baca juga: Daftar Beasiswa LPDP 2021: Cara, Syarat, dan Jadwal Seleksi

Ada pula Syubatul Minnah dari Kementerian Sekretariat Negara yang mengikuti Sekolah Pemerintahan (SOG) di National Graduate Institute for Policy Studies (GRIPS), dan lain-lain.

“KBRI Tokyo akan berupaya agar program beasiswa YLP semakin dikenal sehingga diharapkan semakin banyak ASN yang mendaftar dan lolos seleksi ke depannya,” kata Yusli di KBRI Tokyo, Jepang, Senin ( 7/6/2021).

Baca juga: Beasiswa Semesta Sediakan Dana Hingga Total Rp 275 Juta Untuk Jurusan IT

Dalam program beasiswa YLP ini, semua proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan bahasa pengantar yaitu bahasa Inggris.

Dengan demikian, salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa ini adalah memiliki sertifikat kemahiran bahasa Inggris dengan skor TOEFL ITP minimal 550 atau TOEFL IBT minimal 80 atau IELTS minimal 6.0, khusus untuk program studi Administrasi Bisnis, skor IELTS minimal 7.0.



https://www.tribunnews.com/pendidikan/2021/06/12/program-beasiswa-ke-jepang-ylp-mext-untuk-asn-resmi-dibuka-skor-toefl-itp-minimal-harus-550