Program Vaksinasi Berlanjut Selama Ramadhan, Waktunya Bisa Siang dan Malam

Laporan Jurnalis Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus fokus melanjutkan program vaksinasi virus corona (Covid-19) untuk mencapai imunitas komunal (herd immunity), termasuk selama bulan Ramadhan ini.

Hal itu berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Undang-Undang Vaksinasi Covid-19 Saat Puasa.

Baca juga: Program Vaksinasi Keliling di Zona Merah dan Daerah Rawan Tekan Kasus Covid-19

Dalam fatwa tersebut, vaksinasi Covid-19 tidak berbuka puasa dan boleh dilakukan bagi umat Islam yang sedang berpuasa.

Dikutip dari laman Sehatnegeriku.kemkes.go.id, Selasa (13/4/2021), Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan vaksinasi akan terus berlanjut selama bulan Ramadhan.

Berdasarkan rekomendasi tersebut, vaksinasi akan terus kami lakukan selama bulan Ramadhan, termasuk untuk umat Islam dan non-Muslim, ”kata Siti Nadia, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Terus Berlangsung Selama Ramadhan 2021, Penerima Vaksin Puasa Perhatikan Hal Ini

Sedangkan proses vaksinasi dilakukan pada siang dan malam hari.

Pemilihan waktu ini tentunya juga menyesuaikan dengan ibadah puasa yang dilakukan oleh umat Islam saat ini, sehingga diharapkan tidak mengganggu kesungguhan dalam beribadah.

Perlu diperhatikan, khusus untuk pelaksanaan vaksinasi malam hari bagi umat Islam yang berpuasa di siang hari, tentunya Kementerian Kesehatan menghimbau kepada pengurus masjid kepada Puskesmas dan pengurus wilayah setempat untuk membantu dalam penjadwalan kegiatan ini. warga.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi pada malam hari, kami mendorong koordinasi yang dilakukan oleh pengurus masjid bersama dengan Puskesmas melalui RT / RW, Lurah setempat untuk menjadwalkan vaksinasi yang akan dilakukan setelah pelaksanaan puasa pada siang hari, kata Siti Nadia.




Source