Provokasi Israel yang berulang dapat mengakhiri gencatan senjata Gaza

Al-Thani meminta Israel dan Palestina untuk kembali ke meja perundingan.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA – Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani mengatakan bahwa provokasi berulang oleh Israel dapat mengakhiri gencatan senjata di Jalur Gaza. Ia mencontohkan peran negaranya dalam mencapai kesepakatan tersebut.

Dalam wawancara dengan TV Al Araby Pada hari Sabtu, Al-Thani mengungkapkan bahwa faksi Palestina belum menawarkan konsesi apa pun kepada Israel dengan imbalan gencatan senjata. Dalam kaitan ini, dia mencontohkan peran Qatar sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam proses mencapai kesepakatan untuk mengakhiri pertempuran di Gaza.

Al-Thani meminta Israel dan Palestina untuk kembali ke meja perundingan. Dia menekankan bahwa Qatar tetap berkomitmen pada Inisiatif Perdamaian Arab. Dalam inisiatif ini, negara-negara Arab telah menyatakan siap untuk menjalin atau membuka hubungan diplomatik dengan Israel, namun dengan syarat Palestina merdeka dan Yerusalem Timur menjadi ibukotanya.

Mengenai normalisasi hubungan dengan Israel, dia mengatakan Qatar tidak melihat adanya indikasi bahwa Tel Aviv siap untuk benar-benar terlibat di kawasan tersebut. Pada Agustus 2020, dua negara Teluk, yakni Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain menandatangani perjanjian damai dengan Israel.

Perjanjian damai itu dikenal sebagai Abraham Accords. Pemerintahan mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berperan besar dalam menengahi dan menjembatani ketiga pihak yang terlibat.

Berdasarkan perjanjian normalisasi, Bahrain dan UEA sepakat untuk membuka penerbangan langsung ke dan dari Israel. Para pihak juga sepakat untuk membuka kedutaan di negaranya masing-masing. Normalisasi Israel dengan Bahrain dan UEA merupakan pukulan besar bagi perjuangan kemerdekaan Palestina.

Palestina, yang selama ini selalu mendapat dukungan penuh dari negara Arab, memandang kesepakatan normalisasi itu sebagai tusukan dari belakang. Selain Bahrain dan UEA, pemerintahan Trump membantu Israel mencapai kesepakatan serupa dengan Sudan dan Maroko.



https://www.republika.co.id/berita/qtwwtr409/provokasi-berulang-israel-bisa-akhiri-gencatan-senjata-gaza