Pupuk Kaltim Jalankan Dua Inovasi untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

    Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) melihat pandemi Covid-19 telah mempercepat hadirnya revolusi di berbagai sektor, termasuk di sektor pertanian.

    Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) Rahmad Pribadi mengatakan, inovasi dan penerapan sistem pertanian modern, mulai dari pemasaran digital, operasi, dan proses pertanian, merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas pertanian, terutama di tengah tantangan zaman. pandemi saat ini.

    “PKT telah mengerahkan sejumlah inovasi terbaru di lini pangan perusahaan, khususnya dalam program pengembangan agro-solusi dan bidang teknologi pemupukan PreciPalm,” kata Rahmad dalam keterangannya, Kamis (24/6/2021).

    Baca juga: Pupuk Indonesia masih mengkaji lokasi pembangunan pabrik pupuk dan methanol di Papua Barat

    Menurutnya, program Agro Solution bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan produktivitas petani.

    Baca juga: KSP dan Kemenperin Dukung Revitalisasi Industri di Pupuk Kaltim

    Melalui program ini, kata Rahmad, PKT memberikan pendampingan intensif kepada petani dan budidaya pertanian berkelanjutan, dengan memperhatikan unsur masyarakat, lingkungan dan ekonomi.

    Saat ini program Agro Solution telah ditetapkan sebagai program nasional di bawah PT Pupuk Indonesia.

    PKT diberi tugas untuk mengembangkan program Agro Solution di Bali, Gorontalo, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan (Barat, Timur, Selatan dan Utara), dan Sulawesi (Barat, Selatan, Tengah, Tenggara dan Utara) .

    “Hingga 7 Mei 2021, PKT AgroSolution sudah dilaksanakan hingga mencapai 50 persen dari target implementasi pada 2021. PKT menargetkan hingga akhir 2021, Agro Solution sudah bisa diimplementasikan di lahan seluas 12.000 hektar, baik untuk beras, jagung maupun komoditas pangan lainnya,” jelasnya.

    Rahmad mengatakan, untuk inovasi aspek teknologi pemupukan yaitu membuat Precision Agriculture Platform for Oil Palm (PreciPalm), solusi pemupukan presisi untuk perkebunan kelapa sawit.

    “PreciPalm merupakan sistem aplikasi pupuk berbasis Precision Agriculture yang cepat, tepat, dan efisien di perkebunan kelapa sawit,” kata Rahmad.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/06/24/pupuk-kaltim-jalankan-dua-inovasi-untuk-genjot-produktivitas-pertanian