Quartararo Juara GP Inggris, Aprilia Raih Podium Pertama

    Quartararo mendapat celah pada lap kelima untuk memimpin.

    JAKARTA.

    Quartararo membalas kekecewaannya saat terjatuh pada lap pertama balapan Inggris 2019 dengan tampil perkasa untuk memenangkan GP Inggris untuk pertama kalinya di kelas utama untuk kemenangan kelimanya musim ini.

    Juara GP Inggris 2019 Alex Rins juga tampil impresif setelah start dari P10 dan merebut podium sebagai runner-up tim Suzuki Ecstar sementara Aleix Espargaro mempersembahkan podium pertama Aprilia di posisi ketiga, menurut situs resmi MotoGP.

    Pol Espargaro menerjemahkan pole position dengan baik di awal untuk memimpin setelah Tikungan 1. Namun tak butuh waktu lama bagi pebalap Repsol Honda itu kehilangan tempatnya saat Quartararo mendapat celah di lap lima untuk memimpin.

    Sementara itu, duo tim Suzuki Joan Mir dan Alex Rins menjadi ancaman di belakang dan hanya membutuhkan enam lap untuk mendorong ke enam besar dari posisi awal baris keempat, mengalahkan duo tim Ducati Francesco Bagnaia dan Jack Miller yang tidak dapat menemukan ritme mereka. di Silverstone.

    Melewati rekan setimnya, Rins, juara GP Inggris 2019, bermanuver menyalip Pol Espargaro untuk memperebutkan podium usai lap kedelapan.

    Setelah setengah jarak balapan, Quartararo menjaga jarak 2,9 detik dari Aleix Espargaro yang berusaha bertahan dari serangan Rins yang tertahan di belakang.

    Namun, pebalap Aprilia itu melakukan kesalahan dan melebar, membuat Rins membuka peluang untuk naik ke urutan kedua.

    Dalam enam lap terakhir, Miller menemukan kecepatan untuk mengejar para pebalap terdepan, menyalip Mir dan naik ke P4 setelah Pol Espargaro melakukan kesalahan di tikungan.

    Miller memiliki pertarungan ketat dengan Aleix Espargaro di lap terakhir saat kedua pembalap berebut posisi, tetapi pembalap Spanyol itu mempertahankan peluang podiumnya setelah keluar di tikungan terakhir dan finis di depan pembalap Australia itu.

    Podium tersebut juga menjadi yang pertama bagi Espargaro sejak GP Aragon 2014. Miller harus puas di P4 sementara Pol Espargaro turun ke P5. Iker Lecuona mendapatkan hasil terbaiknya untuk tim Tech3 KTM di P7, mengungguli Alex Marquez (LCR Honda) dan Joan Mir yang harus puas melorot ke P9.

    Johann Zarco melengkapi sepuluh besar untuk tim Pramac Racing saat Valentino Rossi, mulai dari P8, mengucapkan selamat tinggal kepada penggemar Inggris di Silverstone dengan menyelesaikan P18.

    Rookie tim Pramac Racing Jorge Martin harus mengakhiri perjuangannya lebih awal setelah terlibat tabrakan dengan Marc Marquez di lap pertama.

    Pembalap Repsol Honda itu juga gagal menyelesaikan balapan meski menunjukkan kecepatan yang menjanjikan dalam latihan dan kualifikasi meski kondisi fisiknya belum sepenuhnya pulih dari cedera.

    Dengan lima kemenangan dan delapan podium, Quartararo kini mengoleksi 206 poin, memperlebar jarak dari rival terdekatnya Joan Mir, yang naik ke peringkat kedua dengan 141 poin.

    Zarco naik ke urutan ketiga dengan 137 poin, menggeser Francecso Bagnaia ke urutan keempat setelah Italia hanya mampu menyelesaikan P14 di Silverstone.

    MotoGP kembali di Silverstone sebagai seri ke-12 dalam kalender musim ini setelah Grand Prix Inggris tahun lalu dibatalkan karena pandemi COVID-19.

    Pada awal musim tidak ada pembalap Inggris yang berlomba di kelas utama, tetapi di Silverstone akhir pekan ini setidaknya dua pembalap tuan rumah memiliki kesempatan untuk tampil di depan penonton tuan rumah.

    Menyusul hengkangnya Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha di pertengahan musim, Cal Crutchlow yang sebelumnya ditugaskan Yamaha untuk menggantikan Franco Morbidelli yang masih dalam pemulihan cedera, akan mengenakan tim Monster Energy Yamaha sebagai tandem Quartararo di Silverstone.

    Kemudian pebalap Moto2 Jake Dixon berkesempatan debut di MotoGP bersama tim Petronas Yamaha SRT dan akan menunggangi motor M1 2019 milik Morbidelli.

    Crutchlow menyelesaikan P17, sementara Dixon berada dua posisi di belakangnya.

    Lorenzo Savadori mengundurkan diri dari GP Inggris menyusul kondisi fisiknya yang belum sepenuhnya fit usai menjalani operasi. Pembalap Aprilia itu mengalami cedera engkel setelah terlibat kecelakaan dengan pebalap KTM Dani Pedrosa di Grand Prix Styria.

    sumber: antara



    https://www.republika.co.id/berita/qyltx5480/quartararo-juarai-gp-inggris-aprilia-raih-podium-perdana