Quraish Shihab di Halal Bi Halal IPB University

    Halal Bi Halal dimeriahkan dengan lagu “Ku Berdoa” dan alunan biola “Sajadah Panjang”.

    REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Rektor IPB University Prof Arif Satria meminta maaf kepada seluruh warga IPB University dalam acara Halal Bi Halal 1442 H yang digelar semi online, Senin (17/5). Dalam kegiatan tersebut, Prof. Arif menyampaikan bahwa Idul Fitri kali ini memiliki kemiripan dengan Idul Fitri tahun lalu. Yakni, keduanya saat pandemi Covid-19.

    “Dua tahun Idul Fitri saat pandemi ini bisa memberikan refleksi bagi kita agar bisa menghasilkan hal-hal baru. Esensi Idul Fitri membawa kita menuju kemenangan, kembali ke alam, kembali ke kemurnian, kejelasan dan transparansi. kejelasan yang diharapkan multidimensi, kejernihan pribadi, hati jernih, budi jernih, hati jernih. Ini prasyarat untuk membangun komunitas. Kita dituntut untuk memaafkan, ini aset penting dalam membangun masyarakat, ”ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima. Republika.co.id.

    Ditambahkannya, dalam salah satu ayat di Surat Ali Imran, Allah menegaskan bahwa Dia menciptakan alam semesta tanpa ada yang sia-sia. Di dalamnya memberikan arti yang luas dari istilah ulil albab. Ulil Albab merupakan istilah khusus yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia yang memiliki kekuatan spiritual, intelektual dan sosial yang tinggi.

    Yakni manusia yang selalu menggunakan akal budi untuk memikirkan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT dalam menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Hal ini sesuai dengan sivitas akademika. Sivitas akademika diharapkan memiliki terobosan, tantangan baru, dan bermental pelajar dan alam pikiran terbuka. Kejernihan pikiran tidak hanya belajar beradaptasi, tetapi mengarah pada perubahan. Memulai hal-hal, memulai hal-hal baru, menjadi trendsetter berubah dan tidak menjadi pengikut, ”Ujar Prof. Arif.

    Terkait modal sosial, Indonesia menempati peringkat ke-10 dalam indeks kemurahan hati sosial. Semangat memberi dan empati yang luar biasa ini sangat penting sebagai modal modal sosial yang sekaligus menjadi syarat kemajuan bangsa.

    Karena kemajuan bangsa diukur dari kapita sosialaku, jaringannorma kebaikan, kejelasan pribadi yang dapat menciptakan kejelasan sosial dan kepercayaan masyarakat yang tinggi, ”Ujarnya dihadapan ribuan warga IPB University yang menyaksikan acara ini melalui youtube IPB TV, selain pejabat IPB University yang hadir secara offline acara ini.

    Prof.Dr.Muhammad Quraish Shihab berkesempatan memberikan tausyiah online. Ia juga menyampaikan makna alam.

    Salah satu arti fitrah dalam bahasa arab adalah suci, bebas dari kekurangan dan noda. Sakral ditandai dengan tiga hal yaitu indah, benar dan baik. “Memang benar dalam menghasilkan iptek, baik dalam menghasilkan akhlak maupun indah dalam menghasilkan seni,” ujar komentator ahli tersebut.

    Acara Halal bi Halal ini semakin meriah dengan dibawakannya lagu “Ku Berdoa” karya Prof. Arif Satria yang dibawakan dengan sangat apik oleh Salma mahasiswa IPB University dari Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan serta permainan biola “Sajadah. Panjang “yang sangat didiamkan oleh Habibi, mahasiswi IPB. Universitas Fakultas Peternakan. Di awal acara, Fahrury mahasiswa IPB University jurusan Ilmu Komputer dengan suara merdu membacakan Alquran.




    Source