Qurban Care Berbagi Daging dan Uang di Tengah Pandemi

    Qurban Care mendistribusikan paket daging qurban plus uang ke sejumlah daerah

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — AQL Qurban Care membuat gebrakan baru di Hari Raya Idul Adha 1442 H kali ini. Selain membagikan daging kurban, lembaga qurban yang berada di bawah naungan AQL Islamic Center ini juga memberikan paket sembako serta sejumlah lembaran rupiah kepada masyarakat terdampak Covid-19.

    Pembina AQL Qurban Care, Ustadz Bachtiar Nasir mengatakan, pandemi Covid-19 yang mewabah di tanah air berdampak pada perekonomian masyarakat, terutama yang tinggal di daerah padat penduduk. Kondisi ini menjadi motivasi kuat bagi AQL Qurban Care tidak hanya untuk mendistribusikan daging qurban, tetapi lengkap dengan nasi dan sejumlah uang untuk membeli bumbu.

    “Kita berharap uangnya bisa beli rempah-rempah, karena ada daging dan nasi, karena kalau tidak punya uang untuk beli rempah-rempah tidak bisa dimakan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima. Republika.co.id, Minggu (25/7).

    Program tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Laznas AQL dan AQL Peduli, yang keduanya berada di bawah naungan AQL Islamic Center. Dalam hal ini, Laznas AQL menyediakan paket sembako. Sementara itu, AQL Peduli mengkondisikan protokol kesehatan hingga pendistribusian ke warga.

    Pria yang akrab disapa UBN ini menyatakan bahwa Idul Adha merupakan momen yang membahagiakan bagi semua kalangan, khususnya umat Islam. Menurut dia, daging qurban adalah kewajiban, sedangkan paket sembako menjadi bahan tertawaan saat menikmati sajian daging qurban.

    UBN menyampaikan bahwa program tersebut tidak hanya di wilayah Jabodetabek, namun AQL Qurban Care juga melakukan hal yang sama hingga ke pelosok tanah air. Sejak hari pertama Idul Adha, relawan Peduli Qurban sudah tersebar untuk membagikan paket qurban.

    Semangat berbagi kebahagiaan membuat UBN turun langsung ke lapangan membagikan paket qurban kepada warga. Di hari terakhir Tasyriq, Jumat (23/7) lalu UBN berkesempatan mengarahkan distribusi paket di kawasan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Kemudian ia juga memandu tim relawan qurban ke kawasan Luar Batang, Jakarta Utara.

    “Warga Jakarta Utara berada di tepi laut, dan bisa dikatakan juga berada di bawah garis kemiskinan, padat penduduk dan memang harus kita bantu,” ujarnya.

    Sedangkan pendistribusian paket qurban ke daerah dilakukan oleh perwakilan AQL yang sudah ada di masing-masing daerah. Mereka telah memetakan wilayah yang paling terdampak Covid-19 dan wilayah pascabencana, kemudian dijadikan sebagai titik utama.

    Tak hanya itu, AQL Qurban Care juga sudah merambah ke luar negeri. Mereka mendistribusikan hewan kurban ke wilayah Afrika, terutama negara-negara yang dilanda kelaparan dan konflik. Selain itu, ada juga pembagian hewan kurban ke Palestina dan Al Quds.

    AQL Qurban Care telah mempersiapkan programnya terlebih dahulu. Padahal, wilayah titik distribusi utama sudah dipetakan sejak tahun lalu. Tahun ini, perwakilan Qurban Peduli hanya perlu memperluas jangkauannya mengingat banyak masyarakat yang mengalami keterpurukan ekonomi.

    “Sebelumnya daging kurban ini kita tempatkan secara efektif dan tepat sasaran sehingga yang ada disana membutuhkan daging hewan kurban dari kita semua,” kata UBN.



    https://www.republika.co.id/berita/qwsolg320/qurban-care-bagikan-daging-dan-uang-di-tengah-pandemi