Ramadhan, Pemerintah Kota Bandung Siapkan Paket Pangan Bersubsidi

    REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menyiapkan paket sembako bersubsidi di bulan Ramadhan. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) nantinya bisa membeli paket dengan harga Rp50 ribu, setelah subsidi pemerintah.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, paket pangan bersubsidi yang akan dibagikan di bulan Ramadhan merupakan realisasi dari janji walikota dan wakil walikota. Menurutnya, rencananya 50 ribu paket sembako. “Untuk 50 ribu KPM di 30 kecamatan,” ujarnya di Balaikota Bandung, Selasa (6/4).

    Menurut Elly, paket tersebut berisi beras premium lima kilogram, gula pasir dua kilogram, minyak goreng dua liter, tepung terigu satu kilogram, dan kornet satu kaleng. Katanya harga paket ini Rp. 150 ribu. Namun ada subsidi dari pemerintah sebesar Rp. 100 ribu.

    Dengan begitu, KPM bisa membelinya seharga Rp50 ribu. Ia mengatakan, paket ini nantinya akan didistribusikan ke kantor kecamatan dan kecamatan. “Semoga memberikan manfaat,” kata Elly.

    Sedangkan mengenai harga bahan makanan menjelang bulan Ramadhan, kata Elly, ada komoditas yang harganya naik, ada juga yang turun. Berdasarkan pantauan pihaknya, kata dia, komoditas yang turun harganya antara lain cabai merah.

    Elly menjelaskan, harga cabai merah sebelumnya mencapai Rp. 120 ribu per kilogram. Saat ini dikatakan sekitar Rp. 80 ribu sampai 100 ribu. Menurut dia, penurunan harga tersebut dipengaruhi oleh musim panen di daerah penghasil cabai merah.

    Selain cabai merah, harga bawang merah juga disebut turun menjadi sekitar Rp 32 ribu per kilogram. Sedangkan harga daging sapi saat ini dikatakan sekitar Rp. 120 ribu-125 ribu per kilogram. Menurut Elly, harga eceran tertinggi (HET) daging sapi Rp 120 ribu. “Kenaikan tersebut masih tergolong wajar,” ucapnya.

    Harga daging ayam kabarnya sudah mulai naik, kini berkisar Rp 35 ribu hingga 40 ribu per kilogram. Sedangkan untuk telur ayam, harganya berkisar Rp. 21 ribu sampai 23 ribu per kilogram. Elly menegaskan, menjelang Ramadan, stok komoditas pangan relatif masih aman. “Itu aman dan tersedia,” katanya.


    Source