Rapid Antigen Test Pemerintah Kota Tangerang di Pasar Tradisional

    Tes antigen cepat merupakan langkah mengantisipasi kasus Covid-19 pasca libur lebaran.

    REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang, Banten, melalui Dinas Kesehatan, menggelar uji antigen cepat di tiga pasar tradisional dengan target 200 tes di setiap titik sebagai upaya deteksi dini untuk mengurangi penyebaran COVID-19 pasca libur panjang.

    Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengatakan uji antigen rapid test dilakukan di Pasar Jatiuwung Pasifik, Pasar Poris Cipondoh, dan Pasar Borobudur Ciledug. “Saat ini kami sedang mengkaji kegiatan pengujian Covid-19 melalui rapid antigen test sebagai pencegahan kasus COVID-19 pasca Lebaran,” kata Wakil Walikota Sachrudin di Pasar Poris, Rabu (20/5).

    Wakil Walikota Sachrudin juga menjelaskan, pengujian dilakukan di Pasar Poris terhadap pedagang, pengunjung pasar, dan warga yang lewat. “Kami sudah menguji lebih dari 40 orang, dari hasil random sampling dan warga yang secara mandiri mengajukan diri untuk rapid antigen test, hingga saat ini semuanya masih negatif,” ujarnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Sachrudin juga meninjau langsung kondisi pasar untuk memastikan pedagang dan pengunjung melaksanakan protokol kesehatan. “Alhamdulillah selama ini para pedagang dan pengunjung sudah menyadari pentingnya protokol kesehatan. Hal ini dikarenakan sosialisasi tentang protokol kesehatan yang terus kami suarakan mulai dari tingkat RT / RW dan kelurahan hingga OPD,” ujarnya.

    Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengimbau kepada masyarakat yang melakukan perjalanan dari luar kota, wajib membawa berkas bebas COVID-19 dan menyerahkannya ke Satgas Si Gacor di tingkat RT / RW.

    “Untuk kesehatan dan keselamatan bersama, kami mengimbau warga yang pulang dari mudik ke Kota Tangerang membawa berkas bebas COVID-19 atau mengikuti rapid antigen test yang disediakan Pemerintah Kota,” ujarnya.

    sumber: ANTARA




    Source