Rayakan Hari Lahir Pancasila, Rektor Unhan Ajak Pemuda Tiru Keberanian Bung Karno

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta – Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana TNI Amarulla Octavian berharap para pemuda dapat meneladani keberanian Proklamator Indonesia Bung Karno sehingga bangsa ini menjadi bangsa yang dilihat dunia.

Ide-ide Bung Karno yang tertuang dalam Pancasila juga dapat dijadikan sebagai alat untuk menjaga perdamaian di Indonesia, bahkan dunia.

Demikian disampaikan jenderal bintang tiga TNI AL saat mengisi Seminar Nasional Peringatan Hari Lahir Pancasila bertema ‘Api Semangat Pancasila Bela Negara’ yang digelar di Auditorium Unhan, Selasa (1/6). /2021).

Amarulla menjadi pembicara utama dalam seminar tersebut. Kemudian pembicara lainnya adalah Direktur Program Doktor Unhan Laksamana Muda (Purn) TNI Siswo Hadi Sumantri, dan Dekan FKN Unhan Marsekal Syamsunasir. Dua pembicara utama seminar adalah mahasiswa Doktor Cohort Unhan Hasto Kristiyanto dan Aktivis Muda dan Cendekiawan Yudi Latif.

Dalam paparannya, Amarulla memaparkan kronologi sejarah Pancasila. Dan peran Bung Karno sebagai orang pertama yang mampu merumuskan Pancasila pada 1 Juni dalam sidang BPUPKI.

“Pancasila adalah jiwa dan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia,” kata Amrulla.

Berbicara tentang sosok Bung Karno, Amarulla menyatakan bahwa syarat menjadi negara besar adalah menghormati pahlawan dan sejarahnya. Dia mencontohkan Amerika Serikat (AS) memiliki sepuluh hari besar untuk memperingati Presiden George Washington. Sementara itu, Indonesia hanya memiliki tiga hari besar untuk memperingati Bung Karno.

“Ulang tahun Bung Karno dan wafatnya Bung Karno. Kemudian Hari Lahir Pancasila yang merupakan warisan Bung Karno,” kata Amarulla.

Baca juga: Jokowi: Perlu Cara Baru yang Luar Biasa untuk Pendalaman Nilai Pancasila

Bung Karno, lanjutnya, adalah pemuda yang sangat cerdas dan revolusioner. Presiden Pertama Republik Indonesia memberikan pidato tanpa teks. Teks pidato Bung Karno saat ini hanyalah sebuah steno yang ditulis dengan notula.

“Saat itu, dia masih muda dan berani berbicara di depan tentara pendudukan Jepang. Tidak semua pemuda Indonesia saat itu berani menghadapi Jepang. Pemuda hari ini harus berani dan penuh tekad,” katanya.



https://www.tribunnews.com/nasional/2021/06/01/rayakan-hari-lahir-pancasila-rektor-unhan-minta-pemuda-tiru-keberanian-bung-karno