Real Madrid menjadi yang teratas setelah membungkam Barcelona di El Clasico

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Real Madrid menjuarai laga El Clasico dengan skor 2-1 melawan Barcelona pada pekan ke-30 Liga Spanyol di Stadion Alfredo di Stefano, Madrid, Minggu (11/4) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Madrid merebut posisi puncak klasemen dari Atletico Madrid.

    Tumit gol Karim Benzema dan tendangan bebas Toni Kroos di babak pertama berkontribusi pada kemenangan Real Madrid. Barcelona hanya bisa membalas sekali melalui Oscar Mingueza yang menandai debutnya di El Clasico dengan sebuah gol.

    Keberhasilan Real Madrid menguasai dua edisi El Clasico musim ini membawa tim asuhan Zinedine Zidane untuk sementara naik ke puncak klasemen. Los Blancos menggusur Atletico berbekal keunggulan head-to-head, meski kedua tim sama-sama mengoleksi 66 poin, meninggalkan Barcelona (65) yang turun ke posisi ketiga, menurut laman resmi Liga Spanyol.

    Los Blancos memimpin pada menit ke-13, ketika Benzema menyambut umpan Lucas Vazquez dengan sontekan tumit kaki kanannya untuk mengecoh kiper Marc-Andre ter Stegen. Barcelona yang masih kesulitan menciptakan peluang membuat mereka kembali kebobolan pada menit ke-28 melalui eksekusi tendangan bebas Kroos. Bola membentur punggung Sergino Dest dan gagal dijangkau Jordi Alba yang sedang menjaga garis gawang dan berusaha menghalau bola.

    Enam menit kemudian, tuan rumah nyaris memperlebar keunggulan jika umpan silang Federico Valverde tidak membentur tiang. Bola yang dimuntahkan Vazquez tidak bisa dimentahkan oleh Ter Stegen.

    Keunggulan Real Madrid terus mampu mempertahankan mereka, namun Los Blancos harus membayar mahal karena Vazquez harus masuk ruang ganti di awal menit ke-43 akibat cedera. Jelang turun minum, Lionel Messi nyaris mencetak gol balasan untuk Barca. Ia mencoba menyambut umpan silang Ousmane Dembele, namun kiper Thibaut Courtois sigap mengamankan gawang tuan rumah.

    Barcelona mencoba meningkatkan intensitas serangannya di babak kedua dan Ronald Koeman mengubah formasi menjadi 3-4-3 dengan menarik Dest digantikan oleh Antoine Griezmann. Perubahan terbayar ketika Mingueza mampu mengonversi umpan silang Alba untuk memperkecil defisit Barca menjadi 1-2 di menit ke-60. Madrid mencoba memberikan jawaban instan dua menit kemudian, namun peluang Vinicius Junior masih membentur tiang.

    Tuan rumah terpaksa menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain karena Casemiro mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran terhadap Mingueza. Situasi 11 lawan 10 coba dimanfaatkan secara maksimal oleh Barca di sisa waktu. Terjadi kekacauan di kotak penalti Real Madrid tepat pada saat injury time, tetapi Illaiz Moriba membentur mistar, kemudian bola yang coba disambar Ter Stegen mengenai rekannya sendiri Francisco Trincao dan upaya terakhir Alba melambung di atas mistar, mengunci tuan rumah. ‘menang. 2-1.


    Source