Rekor Kinerja Positif Erick dan PT Perkebunan Nusantara

    PT Perkebunan Nusantara melipatgandakan keuntungan

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Keberhasilan kinerja positif PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Group merupakan buah dari strategi Menteri BUMN Erick Thohir.

    Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, sejak awal Erick mendorong PTPN untuk melakukan perubahan besar, mulai dari restrukturisasi utang senilai Rp. 41 triliun dan transformasi.

    “PTPN yang kita tahu megap-megap dan sulit berkembang, kini sudah berhasil meraup untung,” kata Arya di Jakarta, Jumat (27/8).

    Arya mengatakan, PTPN berhasil membukukan kenaikan laba bersih sebesar 227,81 persen senilai Rp. 1,45 triliun atau naik dua kali lipat dari rugi tahun lalu Rp. 1,1 triliun.

    Arya menjelaskan, sebelumnya Erick membebani struktur kepengurusan PTPN Group dengan melakukan perampingan jumlah direksi dan komisaris.

    “Dulu PTPN (jumlah) direksi dan komisaris gendut, sekarang hanya ada satu direktur di setiap anak perusahaan, paling banyak dua komisaris,” kata Arya.

    Arya mengatakan, PTPN Group juga mampu bertransformasi dari perusahaan tradisional menjadi perusahaan dengan standar tingkat kematangan TI 4.

    Arya menilai terobosan ini merupakan langkah besar yang dilakukan Kementerian BUMN dan manajemen PTPN. Arya mengatakan PTPN Group juga melakukan efisiensi besar selama pendirian perusahaan yang membuat kinerja perusahaan meningkat.

    “PTPN juga membayar secara bertahap kepada pensiunan. Ini salah satu BUMN yang kinerjanya cukup baik tahun ini. Kami berharap kinerja PTPN terus membaik ke depannya,” tambah Arya.



    https://www.republika.co.id/berita/qyi1ov320/erick-dan-catatan-kinerja-positif-pt-perkebunan-nusantara