Relawan Jokowi Tak Akan Berdampak Signifikan di Pilpres 2024

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai relawan Jokowi tidak akan berpengaruh besar pada Pilpes 2024 nanti.

    Meski Jokowi sudah tidak lagi mencalonkan diri, relawannya akan tetap tampil dan berbicara di depan umum

    “Artinya juga banyak relawan ketika kita membicarakan calon presiden yang menurut pengalaman kami memiliki berbagai segmen, jumlah kelompok juga sangat beragam, jadi saya kira pengaruh relawan tidak sepenting pengaruh karakter. sendiri,” kata peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby saat konferensi pers virtual, Kamis (17/6/2021).

    Baca juga: Jokowi Minta Relawan Bantu Pemerintah Hadapi Covid dan Jangan Terburu-buru Soal Pilpres 2024

    Menurut dia, sosok Jokowi bisa mempengaruhi dukungan terhadap salah satu calon di Pilpres 2024, sedangkan relawan Jokowi cukup bagus dalam menjaring pemilih.

    “Artinya sebagai mesin mereka baik-baik saja, mereka bisa menjadi kekuatan untuk menarik pemilih,” katanya.

    “Tapi untuk pengaruh elektoralnya juga banyak relawan dari masing-masing capres ini di berbagai segmen, jadi kita tidak bisa bilang relawan calon presiden, relawan Jokowi, berpengaruh besar ya. Tapi kalau tokohnya sendiri. cukup berpengaruh,” ujarnya.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan para relawan pendukungnya di Pilpres 2014 dan 2019 telah dirayu dan dirayu untuk mendukung sejumlah pasangan calon yang diprediksi akan maju di Pilpres 2024.

    Hal itu dikatakan Jokowi saat membuka rapat pimpinan nasional simpul relawan Seknas Jokowi dengan tema Pemantapan Organisasi Menuju Transformasi Visi Baru Jokowi, dalam video yang diterima Tribunnews.com, Sabtu (12/6/2021).

    “Saat ini relawan Jokowi ada yang tertarik untuk mendukung Person A, ada yang dirayu untuk mendukung Person B, dan sudah dipeluk oleh Person C,” kata Jokowi.

    Meski begitu, kata Presiden, masih banyak relawan pendukung yang masih menunggu arahan untuk bertindak dalam pemilihan presiden mendatang.

    Jokowi mengaku paham dengan kondisi tersebut. Relawan pendukungnya di Pilpres 2014 dan 2019 begitu seksi sehingga banyak calon yang meminta dukungan.

    Sebab, harus diakui para relawan telah berhasil membawanya ke kursi RI 1 selama 2 periode.

    “Saya tahu relawan Jokowi, termasuk Seknas Jokowi itu seksi, seksi. Mereka pasti akan ditarik kesana kemari oleh calon yang ingin maju di Pilpres 2024. Ini akan menjadi rebutan banyak pihak untuk didekati, ” dia berkata.

    Meski sudah banyak pihak yang mendekat, Jokowi meminta relawan untuk melihat dulu peta dan konstelasi politik Pilpres 2024, atau menunggu arahannya terkait pilpres nanti.

    “Saya menyarankan para relawan untuk mengamati dulu, jangan terburu-buru. Ojo itu susu. Mari kita pelajari bersama konstelasi politik, kita pelajari bersama peta politik, yah. Saya melihat masih cukup waktu untuk melakukan itu semua,” pungkas Jokowi.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/06/18/relawan-jokowi-dinilai-tak-akan-beri-pengaruh-signifikan-di-pilpres-2024