RI Minta Isu Lingkungan Tidak Jadi Hambatan Dagang

    Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia meminta agar isu lingkungan tidak dijadikan hambatan perdagangan.

    Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Republik Indonesia, Mahendra Siregar dalam sesi General Debate the 15th United Nations Conference on Trade Development (UNCTAD), Rabu (10/6/2021).

    “Penting untuk membangun kepercayaan untuk memastikan isu lingkungan tidak dijadikan hambatan perdagangan,” katanya

    Ia menekankan bahwa dukungan UNCTAD untuk negara berkembang mutlak diperlukan.

    Baca juga: Di UNCTAD, Wamenlu Jelaskan 3 Konsentrasi RI Atasi Dampak Pandemi Covid-19

    Oleh karena itu, kerja sama diperlukan untuk membantu para anggotanya menciptakan dunia yang lebih inklusif, tangguh, dan berkelanjutan.

    Wamenlu juga menegaskan ekonomi berkelanjutan tidak akan tercapai ketika negara-negara berjuang untuk membayar utang yang meningkat akibat pandemi.

    Untuk mewujudkan transisi menuju ekonomi yang berkelanjutan, pemerintah perlu memperkuat kebijakan perdagangan dan investasi.

    Selain itu, untuk berkontribusi pada pencapaian tujuan iklim dan lingkungan dari Agenda 2030, RI menekankan tindakan yang lebih konkrit dan terkoordinasi.

    Sesuai dengan prinsip Common but Differentiated Responsibilities (CBDR) dan kemampuan masing-masing negara.

    “Mari kita bekerja sama agar hasil pertemuan UNCTAD ke-15 dapat membantu anggotanya menciptakan dunia yang lebih inklusif, tangguh, dan berkelanjutan untuk masa depan bersama,” kata Wamenlu.

    Dalam debat Umum KTM UNCTAD ke-15, RI juga mengajak seluruh anggota UNCTAD untuk mengarahkan perhatian pada 3 elemen utama mengatasi dampak COVID-19.

    Diantaranya, pengembangan ekonomi kreatif, perluasan digitalisasi, transisi menuju ekonomi berkelanjutan.

    “Ekonomi inklusif, perluasan digitalisasi, dan ekonomi berkelanjutan sangat relevan untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19,” kata Mahendra.

    Pengarang : Larasati Dyah Utami

    Editor: Hasanudin Aco



    https://www.tribunnews.com/internasional/2021/10/06/ri-minta-isu-lingkungan-tidak-digunakan-sebagai-hambatan-perdagangan