Ribuan Pawai Dukung Korban Islamofobia

IHRAM.CO.ID, ONTARIO — Ribuan orang memadati jalan pada Jumat (11/6) untuk mendukung keluarga Muslim Kanada yang menjadi korban Islamophobia akhir pekan lalu.

Orang-orang di London, Ontario berbaris sekitar 7 kilometer dari tempat keluarga itu dipukul ke masjid terdekat. Masjid adalah tempat terdekat saat tersangka Nathaniel Veltman ditangkap polisi.

Beberapa membawa plakat dengan pesan bertuliskan “Tidak membenci rumah di sini”, “Cinta di atas kebencian”. Acara serupa diadakan di kota-kota lain di Ontario, wilayah terpadat di Kanada.

“Bagian terbaiknya bukan hanya jumlahnya … tetapi keragaman orang yang datang dari setiap komunitas di London, bersatu untuk tujuan ini,” kata siswa berusia 19 tahun pada pawai, Abdullah Al Jarad.

Serangan itu memicu kemarahan di seluruh Kanada, dengan politisi di semua sisi mengutuk kejahatan itu. Peristiwa ini mendorong seruan yang berkembang untuk tindakan untuk mengekang kejahatan kebencian dan Islamofobia.

Veltman melakukan sidang singkat pada Kamis (9/6) dan akan kembali hadir pada Senin (14/6). Dia menghadapi empat tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan satu percobaan pembunuhan.



https://www.ihram.co.id/berita/qukupv335/ribuan-orang-berbaris-beri-dukungan-korban-islamofobia