Ridwan Kamil Ingatkan Warga Tak Pulang, Pengurungan Dimulai

    REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik. Menurut Ridwan Kamil, isolasi akan segera dimulai.

    “Sore ini kita akan mulai rapat isolasi. Semoga isolasi sudah dimulai. Di desa, karantina 5 hari juga sudah dimulai,” kata Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Kamis (22/4).

    Emil berharap seluruh masyarakat Jabar bisa menahan diri untuk tidak mudik. Sehingga tidak ada peningkatan kasus. “Kubilang mohon kepada warga agar tidak pulang dulu. Tunggu dulu. Ada kasus di India yang akhirnya euforia gelombang kedua melebihi kasus satu tahun di India. Kita tidak ingin itu terjadi, oleh karena itu, pertama pertahankan persahabatan dan temukan waktu terbaik, “kata Emil.

    Emil menilai, untuk bersilaturahmi tidak harus bersifat massal, seperti mudik. Sebab, mudik adalah misa sekaligus. “Ini yang disukai Covid 19. Kemarin di Jawa Tengah ada 37 korban di desa-desa terdampak Covid 19 karena ada pemudik yang datang untuk merayakan,” terangnya.

    Menurut Emil, pihaknya tidak ingin lonjakan kasus terjadi di Jabar setelah mudik. Khusus untuk mudik lokal masih bisa dilakukan karena pada dasarnya jaraknya yang dekat dan sering kita temui juga. “Yang dihindari jaraknya jauh (pemudik, red). Intinya kita mengamankan kebijakan pusat karena satu frekuensi dengan pusat,” ujarnya.


    Source