Riko Simanjuntak Sengaja Diselamatkan, Soedirman Ungkap Strategi Unggul Persija atas Barito Putera

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Persija Jakarta sukses melaju ke babak semifinal Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Barito Putera dengan skor 1-0 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4/2021).

Gol kemenangan Persija Jakarta diciptakan oleh Marko Simic pada menit ke-61 setelah sebelumnya menerima umpan mendatar dari Riko Simanjuntak.

Baca juga: Persija ke Semifinal Usai Kalahkan Barito Putera, Kesempatan Balas Kekalahan dari PSM Makassar

Alhamdulillah hari ini kami menang di delapan besar. Pertandingan ini tidak mudah, kami berjuang dari awal hingga akhir, ”kata Sudirman dalam jumpa pers usai pertandingan.

Striker Persija Jakarta Marko Simic (tengah) bersaing memperebutkan bola dengan bek Bhayangkara Solo FC, Sani RF (kanan) pada laga lanjutan Grup B Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (31 /) 3/2021) malam. Persija Jakarta memastikan lolos ke babak delapan besar usai mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor 2-1. Surya / Hayu Yudha Prabowo (Surya / Hayu Yudha Prabowo)

Barito juga bermain bagus dan memiliki pemain cepat Alhamdulillah pemain saya bisa menurunkan kecepatan pemain mereka, ”sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Soedirman juga mengungkapkan alasannya memainkan Riko Simanjuntak di babak kedua.

Baca juga: Persib vs Persebaya, Bajul Ijo mendapat kabar buruk jelang laga

Ternyata, Riko Simanjuntak diplot sebagai kartu truf, menghentikan kecepatan dan kekokohan tembok pertahanan Barito Putera.

Menurutnya, ini adalah skema terencana agar Riko yang masih segar di babak kedua bisa membanjiri bek Barito.

Striker Persija Jakarta Marko Simic merayakan gol yang dicetak ke gawang Barito Putera di perempat final Piala Menpora 2021.
Striker Persija Jakarta Marko Simic merayakan gol yang dicetak ke gawang Barito Putera di perempat final Piala Menpora 2021. (SUCI RAHAYU / KOMPAS.COM)

Benar saja, saat Riko memasuki permainan Macan Kemayoran, semakin hidup dari sayap hingga akhirnya gol kemenangan lahir melalui usaha pemain asal Pematang Siantar tersebut.

“Ya, kalau dibilang kami tidak bagus di babak pertama, ya bukan karena kami punya banyak peluang,” kata Sudirman.

Baca juga: Persija Jakarta ke Semifinal Piala Menpora, Djanur Soroti Penyebab Kekalahan Barito Putera

“Tapi Riko adalah pemain kunci kami. Riko dan saya menyadari bahwa Riko akan lebih baik dalam bermain di babak kedua, sedangkan Nico adalah pemain muda yang memiliki stamina yang baik. Jadi kami bermain lebih dulu dan membuat kewalahan para pemain Barito. Kemudian Riko memasuki babak kedua dengan kondisi segar, ”jelasnya.

Di babak semifinal, Persija Jakarta akan kembali bertemu PSM Makassar. Seperti diketahui, Persija sebelumnya sempat dikalahkan 2-0 oleh PSM pada laga perdana di fase grup B lalu.

Baca juga: PSIS Semarang Basah Terbaik, Inilah Rahasia PSM Makassar Bisa Menang saat Hujan deras

PSM Makassar melaju ke semifinal setelah sebelumnya mengalahkan PSIS Semarang melalui adu penalti.

Laga semifinal Piala Menpora 20201 antara Persija Jakarta vs PSM Makassar akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (15/4/2021).




Source