Rio Ferdinand mengaku pernah berharap bisa memperkuat Arsenal

    Ferdinand menawarkan dirinya kepada pelatih Arsenal Arsene Wenger untuk bergabung

    REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Mantan kapten Manchester United (MU) Rio Ferdinand sempat berharap bisa pindah ke Arsenal dan bekerja sama dengan Arsene Wenger. Momen ini terjadi saat mantan bek timnas Inggris itu memasuki akhir kariernya bersama Manchester United pada 2014.

    Saat itu, Ferdinand yang sudah bersama United sejak 2002 memasuki tahun terakhir kontraknya. Pemain yang mempersembahkan enam gelar Liga Inggris dan satu trofi Liga Champions itu bersiap hengkang dari Stadion Old Trafford karena tak lagi mendapatkan perpanjangan kontrak. Ferdinand mengaku sempat berpikir untuk bergabung dengan The Gunners setelah kontraknya dengan United resmi berakhir. Bahkan, pria berusia 42 tahun itu sempat mengutarakan keinginannya langsung kepada pelatih Arsenal saat itu, Arsene Wenger.

    “Hal yang paling gila adalah saya pernah berpikir untuk bergabung dengan Arsenal. Saya berbicara dengan Arsene Wenger. Saya berkata, ‘Arsene, saya akan meninggalkan United. Jika Anda mau, maka saya bisa datang ke Arsenal dan membantu di ruang ganti. aspek itu.’,” kata Ferdinand seperti dilansir Sepak Bola London, Kamis (19/8).

    Namun, Wenger tidak menyambut baik tawaran Ferdinand. Ferdinand akhirnya menerima pinangan Queen Park Rangers di awal musim 2014/2015. Bersama QPR, Ferdinand yang saat itu berusia 36 tahun hanya tampil satu musim. Ferdinand juga hanya tampil di 12 partai di semua kompetisi. Akhirnya, tiga hari setelah resmi meninggalkan QPR pada Mei 2015, Ferdinand mengumumkan akan gantung sepatu.

    Ferdinand mengaku penampilannya di QPR tidak terlalu memuaskan. Ferdinand pun memahami alasan Wenger tidak menerima tawaran tersebut. Namun, terlepas dari kondisi tersebut, Ferdinand cukup yakin bisa membawa budaya baru bagi The Gunners jika benar-benar pindah ke Emirates Stadium saat itu.

    “Wenger mungkin benar untuk tidak menerima tawaran saya, karena performa saya di QPR tidak pada level yang diinginkan. Namun, di ruang ganti, saya yakin saya bisa memberi dampak. Dari situ budaya tim bisa terbentuk,” kata Ferdinand, yang saat ini menjadi pundit di BT Sports.



    https://www.republika.co.id/berita/qy2q7y348/rio-ferdinand-akui-pernah-berharap-perkuat-arsenal