Roma Kalahkan Ajax, Villarreal Kalahkan Dinamo Zagreb

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – AS Roma menghapus kenangan buruk di Ajax saat Villarreal mengalahkan Dinamo Zagreb pada leg pertama perempat final Liga Europa yang berlangsung pada Jumat (9/4) dini hari WIB. Bertandang ke Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda, Roma mampu bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Ajax dengan skor 2-1, demikian catatan situs resmi UEFA.

    Tuan rumah membuka skor pada menit ke-39 saat Davy Klaassen merebut penguasaan bola di dekat area penalti Roma. Sementara para pemain Roma sibuk menuntut tendangan bebas yang diabaikan wasit Sergei Karasev, Klaassen melatih satu-dua dengan Dusan Tadic sebelum mengakhirinya dengan sontekan ke gawang Pau Lopez.

    Ajax berpeluang menggandakan keunggulan pada menit ke-53, namun Tadic melepaskan tendangan penalti yang buruk ke tengah gawang. Lopez tidak banyak bergerak kecuali menghentikan bola.

    Kegagalan itu harus dibayar mahal karena empat menit kemudian. Penjaga gawang Kjell Scherpen gagal mengantisipasi eksekusi tendangan bebas Lorenzo Pellegrini yang tidak terlalu berbahaya, namun bersarang ke gawang setelah membentur pinggul kiper muda Belanda.

    Pada menit ke-73, Lopez kembali melakukan penyelamatan gemilang saat keluar dari sarangnya untuk memblok tumit Antony Matheus. Kemudian, tiga menit sebelum bubarnya Roma melengkapi kebangkitan mereka melalui sepak pojok yang diakhiri dengan tembakan keras Roger Ibanez ke gawang Ajax yang memastikan kemenangan 2-1 bagi Gialorossi.

    Tak hanya membalas kekalahan dengan skor serupa di tahun 2002, Roma juga membawa pulang dua gol tandang untuk leg kedua yang akan dimainkan di Olimpico, Kamis (15/4) pekan depan.

    Pada laga lain yang berlangsung serentak di Stadion Maksimir, Zagreb, Kroasia, Villarreal mampu menang 1-0 atas Dinamo. Villarreal memimpin melalui penalti Gerard Moreno satu menit sebelum turun minum, setelah wasit Daniel Siebert menganggap Kevin Theophile-Catherine melakukan pelanggaran handball di area tersebut.

    Pelatih spesialis Liga Europa Unai Emery memilih langkah pragmatis dengan mempertebal pertahanan Villarreal di babak kedua guna mempertahankan keunggulan. Kemenangan ini menjadi aset penting bagi skuad Yellow Submarine untuk leg kedua di Estadio de la Ceramica pekan depan.


    Source