RS Achmad Darwis Tambah Ruang Operasi Khusus Covid

    Tambahan kamar operasi sudah termasuk untuk pasien positif yang akan melahirkan.

    REPUBLIKA.CO.ID, FIFTY CITY — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Darwis Kabupaten Limapuluh Kota menambah satu ruang operasi khusus untuk menangani persalinan pasien terpapar COVID-19. Penambahan ini untuk mengantisipasi tidak bisa dirujuk ke rumah sakit di Padang.

    “Kami mengapresiasi persiapan RS Achmad Darwis untuk mengantisipasi pasien COVID-19, termasuk pasien positif yang akan melahirkan,” kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat meninjau kesiapan RS Achmad Darwis di Suliki, Limapuluh. Kota, Jumat (23/7).

    Menurut Audy, lonjakan kasus COVID-19 di Sumbar harus diantisipasi dengan baik. Salah satunya adalah kesiapan rumah sakit yang tidak hanya menjadi rujukan di Kota Bukittinggi dan Padang tetapi juga rumah sakit di daerah.

    Kesiapan tersebut meliputi ketersediaan tempat tidur untuk pasien COVID-19, peralatan dan tenaga kesehatan sehingga jika terjadi lonjakan kasus di wilayah penanganan dapat dilakukan secepatnya.

    Ia juga menyoroti ketersediaan oksigen di rumah sakit karena memang ada kekurangan. Sedapat mungkin hal ini tidak terjadi lagi karena perlu dilakukan pemetaan kebutuhan yang jelas.

    Dari hasil kunjungan tersebut diketahui persentase hunian kamar (BOR) pasien Covid-19 di RS Achmad Darwis sudah mencapai 70 persen. Tapi untuk jaga-jaga rumah sakit sudah menyiapkan lima tempat tidur cadangan.

    Sementara itu, Kepala Divisi Penunjang RS Achmad Darwis Dina Juliana mengatakan, ada beberapa kasus pasien COVID-19 yang hendak melahirkan namun tidak sempat dirujuk ke Padang karena harus melahirkan di RS. RSUD Ahmad Darwis.

    Sejauh ini, pihaknya telah merawat empat pasien positif yang akan melahirkan. Dengan jumlah kasus yang tinggi, ruang operasi khusus untuk pasien COVID-19 telah ditambahkan.

    “Ruang operasi sedang dipersiapkan karena membutuhkan peralatan penunjang untuk pengamanan bagi tenaga kesehatan agar tidak terpapar Covid-19,” kata Dina.



    https://www.republika.co.id/berita/qwpb3c368/rsud-achmad-darwis-tambah-ruang-operasi-khusus-covid