RS Garut Butuh Tambahan Ventilator untuk Pasien Covid-19

    Jumlah ventilator di RSUD Dr Slamet Garut hanya tersedia 15 unit.

    REPUBLIKA.CO.ID, GARUT — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Slamet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, membutuhkan tambahan ventilator untuk merawat pasien COVID-19 dengan gejala berat. Pasalnya, terjadi lonjakan pasien setelah rumah sakit pemerintah itu ditunjuk khusus untuk merawat pasien Covid-19.

    “Sekarang kebutuhan yang paling mendesak adalah ventilator, dibutuhkan lebih banyak ventilator,” kata Direktur RSUD dr Slamet Garut Husodo Dewo Adi kepada wartawan di Garut, Rabu (14/7).

    Ia mengatakan, jumlah pasien Covid-19 di RSUD Garut cukup besar, mencapai 50 persen dari kapasitas yang disediakan 500 tempat tidur. Mereka, kata dia, merupakan pasien dengan gejala sedang dan berat yang membutuhkan perawatan medis intensif, termasuk bantuan ventilator. “Mereka yang masuk rumah sakit dalam kondisi sedang hingga berat, banyak yang dalam kondisi kritis,” katanya.

    Dikatakannya, jumlah ventilator di RSUD Dr Slamet Garut hanya tersedia sebanyak 15 ventilator, idealnya dengan kondisi pasien Covid-19 yang saat ini membutuhkan 50 ventilator cukup banyak.

    Kebutuhan lain seperti oksigen, kata dia, aman karena mendapat pasokan untuk memenuhi kebutuhan pasien Covid-19 di Garut. “Kalau oksigen aman, insya Allah,” ujarnya.

    Dikatakannya, sejak ditetapkannya RS Dr Slamet Garut sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19, seluruh peralatan medis, termasuk tenaga kesehatan, dikerahkan untuk menangani pasien Covid-19. ” katanya. Jawa

    sumber : Antara



    https://www.republika.co.id/berita/qw8sos425/rsud-garut-butuh-tambahan-ventilator-untuk-pasien-covid19