RSUD Harap Puskesmas Sediakan Alat Check UP Darah Lengkap

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumbawa menilai puskesmas harus menyiapkan alat check up darah lengkap. Ini dikatakan Kepala Bidang Pelayanan dr. Putu Purnama S kepada Gaung NTB, Rabu (17/2).

Menurutnya, banyak kasus pasien yang selama ini ditangani Puskesmas terlambat atau bahkan terlalu cepat dirujuk ke RSUD. Padahal, berdasarkan diagnosis yang dilakukan pihak Puskesmas, pasien tersebut menderita Demam Berdarah Dengu (DBD) karena kondisi dan gejalanya mirip DBD. Setelah pihak RSUD, melakukan check darah lengkap ternyata pasien tersebut tidak menderita DBD, hanya demam biasa atau bahkan suspek (dugaan) terkena DBD saja.

Lebih jauh sambungnya, ada juga kasus DBD baru-baru ini terlambat dirujuk ke RSUD oleh Puskesmas. Saat itu kondisi pasien sudah sangat drop, GG trombositnya drop sekali begitu juga dengan cairan plasmanya. Untung sambungnya, pasien segera ditangani di RSUD sehingga bisa tertolong.

“Itulah kenapa alat chek darah lengkap itu perlu dimiliki Puskesmas agar bisa cepat diagnosis dan mengetahui kondisi pasien,” tegasnya.
Diakui Putu, disamping pendanaan di Puskesmas yang terbatas masalah SDM masih sangat kurang untuk bisa melakukan chek up darah di Puskesmas, memang jumlah tenaga analis di Puskesmas juga masih sedikit, itu juga yang menjadi tantangannya.

“Sekarang ini di puskesmas jumlah tenaga analis masih sedikit, sedangkan chek darah lengkap tidak bisa hanya dilakukan oleh seorang perawat biasa, itulah masalah yang kita cari solusinya,” terangnya.