Rumah Sehat 2 UNS Mulai Dibuka Untuk Pasien Isoman Covid-19

    2 rumah sehat tersebut memiliki kapasitas 114 kamar dimana 10 kamar terpasang AC, dan terdapat 228 tempat tidur. Sedangkan fasilitas yang ditawarkan antara lain makan tiga kali, pemberian vitamin, wifi, televisi, fasilitas olahraga, area berjemur, lapangan luas, taman dan dapur untuk memasak.

    “Hari ini kita mau beroperasi,” kata Rektor UNS Jamal Wiwoho kepada wartawan saat membuka Gedung Kesehatan UNS 2, Rabu.

    Jamal menjelaskan, Rumah Sehat 2 diprioritaskan untuk mahasiswa UNS dan keluarga besar serta warga sekitar kampus pusat UNS yang terpapar Covid-19. Namun, hanya pasien OTG dengan gejala ringan dan tanpa penyakit penyerta yang boleh masuk.

    “Penggunaan Rumah Sehat UNS untuk isolasi mandiri bagi penderita Covid-19 ini semua tidak dipungut biaya atau gratis sebagai bentuk solidaritas sosial,” tambah Guru Besar Hukum UNS itu.

    Jamal menjelaskan, mekanisme menempati Rumah Sehat 2 UNS dari kalangan mahasiswa bisa berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 tingkat kampus yang sudah dibentuk sejak awal pandemi. Sementara itu, warga dapat menghubungi pengurus RT atau RW setempat.

    “Mahasiswa tinggal hubungi petugas kalau hasil positif bisa dikoordinasikan dan datang ke sini. Bisa di sini atau di Rumah Sehat 1. Kalau masyarakat umum di wilayah Jebres insya Allah bisa kita bantu, mereka bisa ke desa atau ke Satgas kita,” ujarnya.

    Selain Rumah Sehat 2, UNS telah mengoperasikan Rumah Sehat 1 yang terletak di Gedung Merc kompleks Rumah Sakit (RS) UNS di Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Rumah Sehat 1 yang telah beroperasi sejak Januari 2021 ini memiliki kapasitas 180 tempat tidur. Rumah Sehat 1 diperuntukkan bagi warga Sukoharjo dan civitas akademika UNS.



    https://www.republika.co.id/berita/qwykpz368/rumah-sehat-2-uns-mulai-dibuka-untuk-isoman-pasien-covid19