Rumah Vokasi Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Desa

Rumah vokasi ini diincar oleh masyarakat pedesaan yang tidak memiliki ketrampilan

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA – Program Rumah Vokasi Pelatihan Potong Rambut dilaksanakan di Aula Nurul Iman, Parakanpanjang, Desa Sukamanah, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat Kamis (8/4).

Program Rumah Vokasi merupakan salah satu program yang digagas oleh Rumah Zakat yang bertujuan untuk memberikan pelatihan ketrampilan kepada masyarakat pedesaan untuk menunjang ketrampilannya dalam memasuki dunia kerja. Sasarannya sendiri adalah masyarakat desa yang belum memiliki ketrampilan dan pekerjaan, sehingga harapannya dengan adanya pelatihan ketrampilan ini dapat membantu masyarakat dalam mencari pekerjaan atau bahkan menciptakan lapangan kerja sendiri. Tentu saja untuk membantu perekonomian juga.

Acara hari ini dihadiri oleh Hermansyah selaku Program Leader di Rumah Zakat dan juga dihadiri oleh aparat Pemerintah Desa Sukamanah yang diwakili oleh Ir. Yayan Suryana sebagai Kesra perwakilan dari karang taruna desa, trainer sekaligus peserta pelatihan potong rambut.

Sambutan pertama datang dari Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Iman, Ustad Nanang Iskandar, S.Ag. “Keterampilan penting agar menjadi manusia produktif yang memiliki keahlian karena keahlian itu penting agar bisa diberdayakan,” ujarnya.

Sambutan kedua disampaikan oleh Hermansyah yang mewakili Rumah Zakat. “Program Rumah Vokasi merupakan program pemberian pelatihan ketrampilan di beberapa desa. Upaya kerjasama dan partisipasi aktif peserta diklat dalam program ini begitu mandiri dan berdaya. Rumah Zakat akan berusaha untuk melanjutkan program tersebut dan berharap bisa berjalan dan berkembang,” ujarnya. dia berkata.

Sambutan selanjutnya datang dari Ir. Yayan Suryana sebagai perwakilan desa. “Dengan adanya program pemberdayaan melalui program Rumah Vokasi merupakan terobosan baru dalam pemberdayaan di Desa Sukamanah pada khususnya dan pemerintah desa, kami ucapkan terima kasih dan siap bekerjasama,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian celemek dan topeng sebagai simbol dan dilanjutkan dengan gunting pita di lokasi pelatihan nantinya. Acara pemotongan tumpeng ini digelar sebagai penutup acara peresmian program Rumah Vokasi. Semoga program ini dapat berjalan sesuai harapan. Tujuannya agar masyarakat berdaya bisa tercapai.




Source