Rusun Daan Mogot & Pulo Gebang Disiapkan Jadi Tempat Isolasi

Pemprov DKI telah menyiapkan rumah susun Daan Mogot dan Pulo Gebang untuk dijadikan tempat isolasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menambah tempat isolasi pasien Covid-19 di lebih banyak rumah susun (rusun) di ibu kota. Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, Pemprov DKI saat ini sedang mempersiapkan Rumah Susun Daan Mogot dan Rumah Susun Pulo Gebang sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

“Kemarin kita mengunjungi rusun Daan Mogot, lalu juga apartemen di Pulo Gebang, dan beberapa rusun lainnya,” kata Marullah dalam rapat koordinasi dengan Satgas Covid-19 di Jakarta. Youtube BNPB, dikutip Senin (28/6).

Marullah mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggunakan rumah susun tersebut untuk pasien Covid-19 yang tidak dapat ditampung di tempat isolasi lain yang tersedia. Hal itu dilakukan seiring dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Jakarta yang menyebabkan menipisnya fasilitas tempat tidur untuk pasien Covid-19.

“Sekarang kami sedang menginventarisasi beberapa tempat yang mungkin bisa kami gunakan untuk menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19,” jelasnya.

Sebelumnya, pada Senin (21/6) Rusun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara sudah mulai digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 kategori asimtomatik. Langkah itu diambil karena hunian tempat tidur atau tingkat hunian tempat tidur (BOR) RSD Wisma Atlet Kemayoran hampir penuh.

Kemudian, Rusun Pasar Rumput di Jakarta Selatan saat ini sedang dalam proses pembangunan untuk dijadikan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. Data Pemprov DKI Jakarta per 26 Juni 2021 menunjukkan data BOR ruang isolasi RSUD Jakarta mencapai hingga 92 persen yang terisi 9.388 tempat tidur dari total 10.252 tempat tidur. Sementara tingkat hunian kamar ICU sudah menyentuh 87 persen.



https://www.republika.co.id/berita/qverw3354/rusun-daan-mogot-pulo-gebang-disiapkan-jadi-tempat-isolasi