Sadiq Khan Kembali Terpilih sebagai Walikota London

Sadiq Khan menjadi Muslim pertama yang memerintah Kota London sejak 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Sadiq Khan kembali terpilih sebagai Wali Kota London dalam pemilihan umum pada Sabtu (8/5). Terpilihnya Khan secara luas diharapkan dan membawa kegembiraan bagi Partai Buruh, yang menderita kekalahan di wilayah lain.

Khan menjadi Muslim pertama yang memimpin ibu kota Inggris sejak kemenangannya pada 2016. Dia mengalahkan kandidat Partai Konservatif Shaun Bailey. Khan unggul dengan 55,2 persen suara dan Bailey dengan 44 persen.

“Saya sangat tersanjung atas kepercayaan yang diberikan warga London kepada saya untuk terus memimpin kota terbesar di dunia,” kata Khan.

“Saya berjanji untuk melakukan yang terbaik untuk membantu membangun masa depan yang lebih baik dan lebih cerah untuk London setelah hari-hari gelap pandemi,” tambah Khan.

Dalam kampanyenya, Khan berfokus pada penciptaan lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi pariwisata London. Khan telah menghadapi kritik atas meningkatnya kejahatan kekerasan di ibu kota, terutama penusukan yang melibatkan remaja. Kekerasan dan masalah keamanan lainnya menyebabkan serangkaian pertengkaran di Twitter dengan mantan Presiden AS Donald Trump.

Partai Buruh kalah dalam pemilihan lokal di Inggris tengah dan utara yang merupakan jantung partai. Daerah itu dikenal sebagai “Tembok Merah” partai. Para analis menghubungkan kemenangan ini dengan populasi kota yang lebih muda, lebih beragam secara etnis, dan lebih pro-UE.

sumber: Reuters




Source