Sambutan Wagub Jabar kepada Tim Rugby PON Papua

    REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memberikan motivasi dan melepas atlet PON olahraga rugby yang akan segera menyusul ke arena PON Papua XX/2021. Uu mengatakan, PON merupakan kompetisi bergengsi di kancah nasional. Jadi, suatu kehormatan bisa mengibarkan bendera provinsi dan ikut serta dalam lomba untuk mengharumkan nama daerah, khususnya Jawa Barat.

    “Apalagi jika target tercapai, ketika para atlet PON ini membawa dan mendapatkan medali, menjadi kebanggaan bagi kita semua,” kata Uu saat pelepasan tim di Aula Barat Gedung Sate, Senin (4/10).

    Uu berharap para atlet mampu mempersiapkan mental dan fisik. “Terutama yang harus disiapkan adalah mental match,” ujarnya.

    “Karena mental game itu penting. Kadang pinter, jago latihan, tapi kullaran gemper teu biasanya diadu dengan orang biasa (karena grogi sehingga tidak bisa bertanding) di kompetisi berskala nasional, pada akhirnya, kemampuan kita juga menurun. tidak bisa keluar dengan baik,” tambahnya.

    Undang-undang tersebut juga menyarankan atlet untuk mempersiapkan mental menghadapi situasi dan kondisi, termasuk mengantisipasi hal-hal yang tampak sepele namun sebenarnya sangat penting, seperti makanan atau tempat tinggal.

    Ketua Pengprov PRUI Jabar Irfan Suryanagara mengatakan rugby merupakan olahraga baru dan cukup digemari generasi muda saat ini, termasuk di Jabar. Bahkan, beberapa atlet cukup disegani di kancah nasional dengan melakukan prakualifikasi. “Olahraga ini sebenarnya merupakan olahraga militer yang mengandalkan kecepatan, pemikiran dan ketepatan,” ujarnya.

    Irfan mengaku tidak akan membebani atlet rugby untuk membidik medali. Namun ia menuntut untuk selalu sportif dan ikhlas dalam setiap pertandingan. “Insya Allah kalau kita sportif, maka berjuanglah dengan ikhlas, hasilnya akan maksimal,” ujarnya.

    Oleh karena itu, Irfan meminta doa dan dukungan dari Wakil Gubernur, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat serta masyarakat. Semoga kita bisa berusaha maksimal dengan membawa harum nama Jawa Barat.

    https://repjabar.republika.co.id/berita/r0gjtj328/pesan-wagub-jabar-ke-tim-rugbi-pon-papua