Sandiaga Jelaskan Kunci Kewirausahaan Bagi Generasi Muda untuk Menjadi Kreatif dan Membuka Lapangan Kerja

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan sejumlah kunci berwirausaha atau entrepreneurship kepada generasi muda Indonesia agar bisa maju dan bertahan di masa pandemi Covid-19.

    Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno saat menjadi Virtual Keynote Speaker pada Pembekalan Calon Wisudawan Universitas Siliwangi ‘Entrepreneurship for Millennial Generation’ pada Senin (26/7/2021).

    “Saya seorang wirausahawan yang mempelajari kewirausahaan di dunia nyata. Sebagai seorang pengusaha, tetapi saya juga kembali ke doktor di bidang Kewirausahaan, yang saya baru saja selesai belajar,” kata Sandiaga Uno.

    Ia berharap sukses, semoga kedepannya bisa diluncurkan untuk para wisudawan dan wisudawati Universitas Siliwangi yang akan diwisuda pada 27 Juli 2021.

    Pandemi Covid-19 memaksa semua orang untuk meningkatkan, memaksa mereka untuk meningkatkan keterampilan dan keterampilan ulang.

    Baca juga: Sandiaga Uno Gandeng Dangdut King Rhoma Irama Kobarkan Semangat Lawan Covid-19

    Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa kewirausahaan bukanlah sebuah profesi melainkan sebuah pipa pola pikir.

    Pola pikir kewirausahaan yang telah dilakukan kajian mendalam di beberapa jurnal memiliki tiga hal utama.

    “Pertama, inovasi dengan perbaikan, penyempurnaan, dari hal-hal yang sudah ada untuk memberikan solusi di sekitar kita (Doing things better, fast, cheap). Lebih cepat, lebih murah dan lebih baik. Kalau masih sulit, bisa berinovasi menggunakan teknik ATM yaitu Amati, Tiru, ​​dan Modifikasi,” jelas Sandiaga Uno.

    Dua kata Sandiaga Uno adalah orientasinya yang berani. Seorang wirausahawan harus berani mengambil resiko dengan perhitungan yang matang.

    “Yang ketiga pro-aktif, bergerak, bergerak, dan bergerak. Bukan orang yang berbaring tapi menjadi agen perubahan. Itulah tiga orientasi Kewirausahaan,” kata Sandiaga Uno.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/07/26/sandiaga-beberkan-kunci-entrepreneurship-pada-generasi-muda-untuk-kreatif-dan-buka-lapangan-kerja