Santer soal Reshuffle Kabinet Jokowi pada 21 April lalu, enam menteri itu disebut-sebut akan diganti

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Isu perombakan kabinet yang mencuat menyentak kesadaran masyarakat. Padahal, beberapa bulan sebelumnya, Presiden Jokowi sempat memastikan belum ada perombakan. Namun, dinamika politik selalu bertiup lebih kencang dari angin.

    Bahkan, Jokowi santer diberitakan akan melakukan reshuffle kabinet pada Rabu, 21 April pekan ini.

    Bahkan informasinya, 5 atau 6 menteri tidak termasuk 1 kepala badan akan dirombak.

    Beberapa diganti dan digeser. “Politik itu dinamis begitu juga dengan rakyatnya. Harus ada perencanaan (perombakan kabinet) tapi jumlah pastinya disantap,” kata Pengamat Politik M Qodari saat dikonfirmasi, Senin (19/4/2021).

    1. Mendikbud Nadiem Makarim

    Mendengar nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim santer terdengar Jokowi akan menggantikannya.

    Pasalnya, kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah digabung
    Kementerian Riset dan Teknologi.

    “Hari ini dikatakan misalnya Menristek sudah tidak ada lagi karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan digabung dengannya. Soal hukum Kementerian Sosial dan KKP diganti wajah baru karena menteri sudah masalah hukum. Sekarang karena terbentuknya Kementerian Riset dan Teknologi, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun ikut bergabung. Apalagi sering muncul pro dan kontra, ”kata M Qodari.

    Pengganti Nadiem mulai bermunculan.

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menghadiri rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021). Nadiem Makarim mengungkapkan, hanya 15 persen sekolah di Indonesia yang pernah melakukan pembelajaran tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Tribunnews / Jeprima (Tribunnews / Jeprima)

    Sekretaris Jenderal PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, memang pantas dianggap sebagai calon pengganti Nadiem Makarim.




    Source