Satgas Purbalingga Covid 19 Belum Mengizinkan SD Melakukan PTM

    Untuk PTM SD harus mendapat izin dari Satgas Covid 19 di tingkat kabupaten

    REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA – Meski terlambat dibandingkan kabupaten tetangga, uji coba Face to Face Learning (PTM) di Kabupaten Purbalingga sudah dilaksanakan. Sejak Kamis (8/4), 5 sekolah telah melakukan uji coba PTM.

    Namun dari 5 sekolah yang menerapkan PTM, semuanya adalah SMP dan SMA. Tidak ada sekolah tingkat dasar yang melakukan uji coba PTM.

    “Dalam pelaksanaan uji coba PTM saat ini, sekolah tingkat SD belum diijinkan untuk PTM,” kata Kepala Pengembangan SD Dindikbud Kabupaten Purbalingga Agustinus Indradi, Sabtu (17/4).

    Ia mengatakan, total jumlah sekolah dasar di wilayah Purbalingga mencapai 450 satuan pendidikan. Namun dari jumlah sekolah tersebut, belum ada satu sekolah pun yang menerapkan PTM.

    ” Untuk PTM di SD ini, ada persyaratan yang lebih berat yang harus dipenuhi. Antara lain harus mendapat izin dari Satgas Covid 19 di tingkat kabupaten hingga tingkat desa. Selain itu, kondisi status zona masih belum memungkinkan untuk penerapan PTM bagi siswa tingkat SD, ” terangnya.

    Ia mengatakan, hingga saat ini status tingkat keparahan Covid di 19 wilayah Kabupaten Purbalingga masih berada di zona oranye. “Meski bukan lagi zona merah, tapi belum sepenuhnya hijau, sehingga diputuskan siswa SD belum melakukan uji coba PTM,” ujarnya.

    Menurutnya, siswa sekolah dasar membutuhkan perhatian dan pengawasan yang lebih besar daripada siswa sekolah menengah dan atas. Untuk itu, penerapan protokol kesehatan bagi siswa sekolah dasar juga membutuhkan perhatian yang lebih besar. “Sebelum kondisi zona belum menghijau, kami belum berani memberikan kesempatan untuk melakukan uji coba PTM,” ucapnya.

    Meski begitu, ia berharap kondisi pandemi semakin membaik, sehingga siswa SD juga bisa melaksanakan uji coba PTM. “Harapan kami pada tahun 2021 siswa SD sudah bisa melaksanakan uji coba PTM,” ucapnya.

    Seperti diketahui, sejak Kamis (8/4) lalu, sebanyak 5 sekolah di Purbalingga sudah melakukan uji coba PTM. Kelima sekolah tersebut adalah SMP Negeri 1 Purbalingga, MAN Purbalingga, SMK Negeri 2 Purbalingga, SMA Negeri 1 Bobotsari dan MTs 2 Purbalingga.

    Uji coba PTM di Purbalingga memang dilakukan paling lambat dibanding di kabupaten lain, menyusul permintaan Satgas Covid-19 agar seluruh guru di sekolah pelaksana PTM dilakukan uji antigen. Bahkan di beberapa sekolah yang menerapkan PTM, mereka juga melakukan tes antigen untuk siswanya.




    Source