Satgas: Tidak Semua Pasien Covid-19 Harus Ke Rumah Sakit

Reporter Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. KOM, JAKARTA- Lonjakan kasus Covid-19 dalam lima pekan terakhir berdampak pada peningkatan tingkat hunian tempat tidur di rumah sakit atau tingkat hunian tempat tidur (BOR).

Koordinator Tim Ahli dan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan perlu adanya manajemen yang baik terkait sebaran pasien Covid-19.

Salah satunya dengan membagi berdasarkan gejala, sehingga hunian tempat tidur di rumah sakit dapat dikontrol.

“Tidak semua pasien Covid-19 harus ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut.

Pasien dengan gejala berat dan sedang yang berhak mendapatkan pengobatan, baik isolasi maupun perawatan intensif di rumah sakit,” kata Wiku dalam keterangan tertulis, Kamis (24/6/2021).

Menurut data global dari WHO, mayoritas pasien Covid-19 di dunia memiliki gejala ringan hingga sedang dengan persentase yang sama, masing-masing 40 persen.

Baca juga: WHO Peringatkan Varian Delta sebagai Varian Penular Terkuat dan Tercepat

Oleh karena itu, menurut Wiku, keberhasilan pengelolaan pelayanan kesehatan yang baik tidak hanya terkait dengan masalah operasional rumah sakit.

Namun juga terkait dengan besarnya peran masyarakat dan fasilitas kesehatan di tingkat masyarakat.

Satgas menjelaskan, isolasi harus dilakukan secara terpusat di lokasi yang sesuai agar pelaksanaannya terpantau dengan baik.

“Pemerintah daerah melalui dinas kesehatan setempat bertanggung jawab menyediakan fasilitas isolasi terpusat.

Fasilitas yang diberikan juga harus sesuai dan menarik minat masyarakat untuk menggunakan fasilitas yang disediakan,” ujarnya.

Menurut Wiku, Satgas memahami kemampuan masing-masing daerah yang berbeda. Oleh karena itu, masyarakat yang masih kekurangan fasilitas isolasi terpusat dapat turut serta membantu upaya pengendalian Covid-19 secara bertahap dengan berinisiatif melakukan isolasi mandiri baik di rumah, kost, hotel, maupun apartemen.

“Pemerintah mendukung upaya ini dengan catatan masyarakat berkomitmen menjalankan prosedur isolasi mandiri dengan baik di bawah pengawasan puskesmas yang menjadi bagian dari posko tersebut,” kata Wiku.



https://www.tribunnews.com/corona/2021/06/25/satgas-tidak-semua-pasien-covid-19-harus-ke-rumah-sakit