Satlantas Depok Sosialisasikan Pelaksanaan Ganjil Genap

    Penerapan ganjil genap diadakan untuk membatasi mobilitas jumlah kendaraan.

    REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Satuan Lalu Lintas (Polrestro) Polres Metro Depok akan melaksanakan penerapan ganjil genap yang direncanakan pada awal Oktober 2021. Saat ini penerapan ganjil genap yang akan dilaksanakan setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu sedang disosialisasikan.

    “Pelaksanaan ganjil genap dalam tahap persiapan mulai dari sosialisasi hingga pengujian. Penerapan ganjil genap diterapkan untuk mengatasi kemacetan setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Aplikasi hanya berlaku di Jalan Margonda untuk kendaraan roda empat,” kata Kepala Polisi Lalu Lintas untuk kendaraan roda empat. Depok, AKBP Andi M Indra di Mapolres Depok, Rabu (22/9).

    Ia menambahkan, penerapan ganjil genap dilakukan untuk membatasi mobilitas jumlah kendaraan. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sejumlah persiapan yang matang. “Kita perlu melakukan beberapa tahapan seperti koordinasi, survei, dan sosialisasi,” ujarnya.

    Menurut Andi, Polresta Depok akan bersinergi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok. Termasuk Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). “Karena Kota Depok juga memiliki jalan nasional, maka kami akan menyurati untuk berkoordinasi dengan BPTJ untuk mengambil keputusan,” ujarnya.

    Andi melanjutkan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan Kota Depok telah meninjau sejumlah titik di Jalan Margonda, Senin (20/9). Peninjauan tersebut merupakan bentuk survei ke titik-titik yang akan dilakukan uji coba ganjil genap di Jalan Margonda. “Beberapa poin sudah kita bahas. Seperti jumlah personel yang standby, rambu-rambu lalu lintas, titik balik kendaraan yang tidak bisa lewat, dan lain sebagainya,” jelasnya.

    Selain itu, lanjut Andi, masyarakat dan pelaku usaha setempat juga perlu mengetahui jika daerah tersebut akan diterapkan ganjil genap. “Untuk itu, kami juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui RT-RW, kelurahan dan kecamatan. Kami juga akan melakukan sosialisasi kepada perwakilan warga dan ormas dengan harapan dapat tersampaikan kepada masyarakat luas. jangan sampai ada misinformasi,” ujarnya.



    https://www.republika.co.id/berita/qzu6fk380/satlantas-depok-sosialisasikan-penerapan-ganjil-genap