Satu dari 10 Orang Dewasa Dunia Menderita Diabetes

    75 persen orang dewasa dengan diabetes tinggal di negara berpenghasilan rendah.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat ini ada sekitar satu dari 10 orang dewasa di dunia yang mengidap diabetes. Angka ini diprediksi akan terus meningkat dari waktu ke waktu, menurut Atlas Diabetes Federasi Diabetes Internasional.

    Peningkatan kasus terbesar ditemukan pada kedua kelompok. Yang pertama adalah kasus diabetes tipe 1 yang muncul di usia dewasa, sedangkan yang kedua kasus diabetes tipe 2 yang muncul di usia muda. Ironisnya, setengah dari penderita diabetes atau sekitar 240 juta orang dewasa masih belum terdiagnosis atau tidak menyadari penyakit tersebut.

    Saat ini, kasus pradiabetes, anak dengan diabetes tipe 1, dan kasus diabetes pada kehamilan juga mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data yang terkumpul, ada 319 juta orang dewasa yang saat ini memasuki fase pradiabetes.

    Peningkatan kasus diabetes tipe 1 yang baru muncul di usia ini juga menarik perhatian para ahli, termasuk asisten profesor dari Emory University, Jessica Harding, PhD. Harding mengatakan selama ini kasus diabetes tipe 1 lebih banyak difokuskan pada anak-anak.

    “Ada beban yang berkembang dari kejadian diabetes tipe 1 dewasa yang diakui,” kata Harding WebMD.

    Negara dengan kasus diabetes tipe 1 pada orang dewasa di atas usia 20 tahun adalah Eritrea, Swedia, Irlandia, dan Finlandia. Sedangkan negara dengan kasus diabetes tipe 1 terbanyak muncul pada kelompok usia 0-14 tahun adalah Finlandia, Swedia, dan Norwegia.

    “Ada kebutuhan nyata untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi tentang kejadian diabetes tipe 1 pada orang dewasa, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah,” kata Harding.

    Kasus munculnya diabetes tipe 2 di usia muda paling banyak ditemukan di Amerika Serikat, Kanada, Brasil, dan Meksiko. Dalam kasus diabetes tipe 2 pada usia muda, obesitas pada masa kanak-kanak bukanlah satu-satunya faktor yang mendasari. Beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko adalah riwayat keluarga diabetes, ketimpangan, dan kesulitan mengakses layanan kesehatan.

    Pada anak kecil, kasus diabetes tipe 2 masih tergolong rendah. Namun, kasus diabetes tipe 2 tampak meningkat pada kelompok usia anak-anak yang telah mencapai pubertas.

    Wakil Ketua Atlas, Diana Magliano PhD, mengatakan lebih dari 75 persen orang dewasa dengan diabetes tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Sepanjang tahun 2021, akan ada sekitar 6,7 juta kematian terkait diabetes. Sepertiga kematian terkait diabetes pada tahun 2021 akan terjadi pada kelompok usia di bawah 60 tahun.

    “Ada kebutuhan yang kuat untuk strategi dan kebijakan intervensi yang efektif untuk mengurangi peningkatan kejadian diabetes di berbagai belahan dunia,” kata Magliano.



    https://www.republika.co.id/berita/r403la370/satu-dari-10-orang-dewasa-dunia-idap-diabetes