Saut Situmorang Masalah ASN KPK: Jangan Cari Justifikasi Lain untuk Menyaring Kebaikan

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmotang mengatakan integritas pegawai independen di KPK tidak diragukan lagi.

Ia menyayangkan jika ada puluhan pegawai yang tidak lulus ujian untuk pemindahan status pegawai menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Perubahan status pegawai KPK menjadi ASN merupakan produk Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK atau revisi Undang-Undang KPK.

“Orang berintegritas adalah orang yang pasti menciptakan nilai di KPK dan negara ini,” kata Saut saat dikonfirmasi awak media, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Novel dan Beberapa Pegawai KPK Dilaporkan Dipecat, Komisi III: Publik Tetap Tenang Dulu

Saut menyayangkan proses perubahan status pegawai menjadi ASN hanya untuk menyaring orang-orang yang kinerjanya tak diragukan lagi dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Jangan mencari pembenaran lain untuk menyaring orang-orang yang sudah berkinerja dan ‘tangguh’ dalam penegakan hukum antikorupsi, malah dibutuhkan orang-orang tangguh agar negara cepat sembuh dari penyakit kronis,” kata Saut.

Saut menganalogikan, jika uji Covid-19 tidak lulus, akan ada hasil yang bisa diketahui secara ilmiah.

Baca juga: Bambang Widjojanto: Korupsi di KPK semakin merosot dan kejam, manusia terbaik dieliminasi

Karena itu, dia meminta ada alasan ilmiah mengapa ada pegawai di KPK yang tidak lolos tes menjadi ASN.

“Gagal lolos tes masuk ASN juga analogi, sama harus ada tabulasi untuk semua orang, kenapa tidak ada yang lulus dari institusi tempat dia bekerja setiap tahun di KPK,” kata Saut.




Source