SD di Gunung Kidul Hentikan PTM Karena Siswa Positif Covid

    PTM dihentikan karena ada empat mahasiswa yang terkonfirmasi positif Covid-19

    REPUBLIKA.CO.ID, WONOSARI – Sekolah Dasar Negeri (SDN) I Panggang di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menghentikan sementara pembelajaran tatap muka (PTM) hingga batas waktu yang belum ditentukan. PTM dihentikan karena ada empat mahasiswa yang terkonfirmasi positif Covid-19.

    “Kejadian ini sudah kami laporkan ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) agar ada tindak lanjut,” kata Kepala SD Negeri 1 Panggang Maryana di Gunung Kidul, Kamis (23/9).

    Ia mengatakan, saat ini seluruh kegiatan pembelajaran dihentikan sementara hingga batas waktu yang belum ditentukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. “Pembelajaran tatap muka dimulai kembali ketika tidak ada tambahan kasus dan izin dari dinas,” kata Maryana.

    Kepala Panggang Winarno menduga penularan bermula dari seorang guru TK di Desa Girisekar yang dinyatakan positif setelah dilakukan swab antigen. Kemudian satu anggota keluarga dites dan satu anak serta satu anak tetangga juga dinyatakan positif. Anak terakhir yang diuji adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Panggang dan sudah mengikuti PTM.

    “Dalam hal ini, total siswa yang diperiksa sebanyak 25 siswa dan satu guru. Sejauh ini, empat siswa dinyatakan positif Covid-19. Saat ini kami masih menunggu hasil PCR dari siswa kelas 6 yang baru diambil Selasa. (21/9),” jelasnya.

    Menurut Winarno, setelah menemukan kasus tersebut, Satgas Covid-19 Kabupaten Panggang langsung menutup sementara kegiatan PTM di SD tersebut. Seluruh siswa positif menjalani isolasi mandiri (isoman) di bawah pengawasan puskesmas dan Satgas Covid-19 kecamatan.

    Selain itu, Satgas Panggang Covid-19 masih melakukan tracking (pelacakan) kontak kasus terus dilakukan oleh petugas puskesmas setempat. “Kami memastikan siswa isoman tersebut kini dalam pengawasan penuh oleh petugas puskesmas. Pengawasan dilakukan hingga dinyatakan sembuh total,” kata Winarno.



    https://www.republika.co.id/berita/qzvw7p459/sd-di-gunung-kidul-hentikan-ptm-karena-siswa-positif-covid