Sebagai Lokasi MotoGP 2022, Pembangunan Fasilitas Sirkuit Mandalika NTB Dipercepat

    Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pembangunan Wisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), menyambut baik pengumuman resmi Dorna Sport yang termasuk seri Indonesia dalam Kalender Sementara MotoGP 2022 yang dirilis Kamis (7/10).

    BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini melihat kepercayaan Dorna atas kesiapan Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika menggelar ajang MotoGP 2022.

    Berdasarkan kalender yang dirilis, seri MotoGP Indonesia akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika, The Mandalika, NTB.

    Kalender tersebut juga menyertakan sirkuit baru ini untuk menggelar tes pramusim pada 11-13 Februari 2022.

    “Kami menyambut baik pengumuman Dorna Sport yang telah menentukan penyelenggaraan MotoGP di Indonesia pada 18-20 Maret 2022,” kata Presiden Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer, Jumat (8/10/2021).

    Baca juga: Telkom dan ITDC Siap Dukung Digitalisasi Mandalika Menjadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

    “Penetapan jadwal ini juga sebagai apresiasi atas kerja keras semua pihak dalam mempersiapkan ajang balap motor kelas dunia di Indonesia,” lanjutnya.

    Mengenai kesiapan Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika, seluruh pembangunan lintasan sirkuit telah selesai 100 persen dan dapat digunakan.

    Saat ini ITDC sedang fokus menyelesaikan pembangunan fasilitas pendukung sirkuit, antara lain Pit Building, Paddock, fasilitas medis, dan Race Control Building.

    Pembangunan fasilitas pendukung tersebut ditargetkan selesai pada akhir Oktober untuk mengejar ketertinggalan ajang balapan Idemitsu Asia Talent Cup pada 12-14 November dan WSBK 2021 pada 19-21 November 2021.

    Baca juga: Telkom dan ITDC Siap Dukung Digitalisasi Mandalika Menjadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

    Terselenggaranya ajang balap motor yang berlangsung di Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) The Mandalika diyakini mampu mendorong pemulihan pariwisata di Indonesia dan NTB pada khususnya.

    “Perlombaan belum dimulai, tetapi multiplier effect sudah terlihat dari awal industri pariwisata di NTB,” kata Abdulbar.

    “Ajang MotoGP juga akan membangkitkan industri ekonomi kreatif Indonesia khususnya Provinsi NTB melalui penyerapan produk UMKM lokal sebagai Official Merchandise. Ini semua hal yang patut kita syukuri bersama,” pungkasnya.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/10/09/jadi-lokasi-motogp-2022-pembangunan-fasilitas-sirkuit-mandalika-ntt-dikebut