Sedih …. Darurat Prostitusi Anak di Ibu Kota

Banyak anak yang ‘diracuni’ dengan budaya hedonisme dan akhirnya menjadi PSK.

REPUBLIKA.CO.ID, Maraknya prostitusi online yang melibatkan anak di Jakarta dan kota-kota pendukungnya dinilai sudah memasuki tahap darurat. Fenomena yang disebut ‘puncak gunung es’ ini harus ditangani bersama-sama.

Awal 2021 disambut dengan terungkapnya praktik prostitusi anak di Apartemen Green Pramuka, Jakarta Pusat, pada 9 Januari lalu. Sebanyak 12 perempuan di bawah umur ditahan aparat karena terbukti terlibat prostitusi online menggunakan aplikasi MiChat.

Sekitar dua bulan kemudian, aparat kepolisian kembali membongkar praktik prostitusi yang melibatkan anak di Hotel Alona, ‚Äč‚ÄčKota Tangerang. Dalam penggerebekan pada 16 Maret, pihak berwenang menangkap 15 perempuan di bawah umur yang diubah menjadi pekerja seks. Mereka dipasarkan secara online untuk menarik pria hidung belang.

Awal April lalu, terungkap pula praktik prostitusi online yang melibatkan anak di sebuah apartemen di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Germo menjadikan anak yang masih duduk di bangku kelas V Sekolah Dasar (SD) menjadi Pekerja Seks Komersial (PSK).

Pertengahan April, giliran Kota Bogor yang heboh dengan praktik prostitusi anak online. Saat itu, pihak berwenang menangkap dua gadis di bawah umur yang digunakan sebagai pemuas seks bagi pria dewasa.

Masih di bulan April, kasus prostitusi anak di Kota Bekasi menjadi sorotan nasional. Pasalnya, pelaku dalam kasus ini adalah anak seorang anggota DPRD Kota Bekasi. Korban adalah seorang gadis berusia 15 tahun yang ditemukan harus menjalani operasi karena ada benjolan di alat kelaminnya.

Masih ada satu kasus prostitusi anak lagi yang terungkap di bulan April. Kali ini, aparat menangkap 15 pekerja seks yang sebagian besar adalah anak-anak di akomodasi RedDoorz Plus dekat TIS Square, Tebet, Jakarta Selatan. Mereka juga dijual secara online.

Kasus prostitusi online terbaru diungkap aparat di dua hotel di kawasan Jakarta Barat. Dari puluhan yang diamankan, 18 di antaranya adalah anak-anak.



https://www.republika.co.id/berita/qtrkli396/mirisdarurat-prostitusi-anak-di-ibu-kota