Seekor Buaya Muncul di Sungai Cinerus Pangandaran

Keberadaan buaya memicu ketakutan warga sekitar untuk beraktivitas.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN – Seekor buaya muncul di hadapan warga di Sungai Cinerus, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Adanya sosok buaya membuat warga di sekitar sungai takut untuk beraktivitas.

Kepala Resor Konservasi dan Sumber Daya Alam (KSDA) Pangandaran, Uking Iskandar, mengatakan, pihaknya menerima laporan penampakan buaya dari Pemuda Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pangandaran pada Kamis (8/4). Namun, saat tim mendatangi lokasi buaya tersebut, ternyata tidak muncul. Hanya ada jejak kaki buaya.

“Warga merekam video buaya itu. Memang ada buaya,” ujarnya saat dihubungi. republika.co.id, Minggu (11/4).

Menurut Uking, buaya tersebut sebenarnya tidak mengganggu warga. Namun, warga sekitar takut keluar ke sungai. Apalagi orang-orang biasa aktif di sungai.

“Sungai itu digunakan untuk kegiatan masyarakat. Kegiatan nelayan dari Pangandaran juga melalui sungai,” ujarnya.

Ia mengatakan, berdasarkan informasi dari masyarakat, buaya yang muncul berukuran besar. Diperkirakan panjang buaya tetap antara 3-3,5 meter.

Uking mengatakan, saat ini pihaknya masih memantau lokasi munculnya buaya tersebut. Namun, selama dua hari terakhir, buaya tak kunjung muncul.

Sementara itu, Bupati Tagana Pangandaran Nana Suryana mengatakan buaya tersebut sudah terlihat warga di tiga lokasi, yakni di Sungai Cinerus di Desa Sukaresik, Desa Bojong, dan Desa Cikalong. Saat ini warga khawatir untuk beraktivitas, karena sungai biasanya digunakan warga untuk mandi, mencuci, dan memancing.

“Warga sudah mulai ketakutan. Untuk sementara kami diimbau agar tidak beraktivitas di sungai,” ujarnya.




Source