Segera Aymeric Laporte Menerima Kewarganegaraan Spanyol

Laporte bisa tampil untuk tim nasional Spanyol di Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bek Manchester City kelahiran Prancis, Aymeric Laporte dikabarkan segera mendapat kewarganegaraan Spanyol dan bakal bisa memperkuat tim Matador untuk babak final Eueo 2020 nanti. Sumber internal Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) kepada Reuters menyatakan, sertifikat kewarganegaraan Laporte akan dikeluarkan pada Rabu (12/5) waktu setempat.

Laporte membela tanah airnya di level kelompok usia U-21, namun belum pernah bermain di timnas senior, meski masuk daftar pemain pengganti dalam dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018. Laporte lahir di Prancis tetapi pindah ke Spanyol pada 2010 untuk bergabung dengan akademi Atletik. Bilbao.

Laporte bisa bermain untuk Bilbao, yang memiliki aturan internal hanya memainkan pemain Basque, karena kakek buyutnya berasal dari wilayah tersebut. Laporte kemudian didatangkan Man City yang mengaktifkan klausul pembelian minimumnya dari Bilbao seharga £ 57 juta atau sekitar Rp1,14 triliun pada Januari 2018, yang memecahkan rekor transfer kedua klub kala itu.

Tahun lalu, FIFA mengubah aturan tentang persyaratan bagi pemain untuk pindah tim nasional selama mereka tidak bermain lebih dari tiga pertandingan untuk negara lama mereka sebelum usia 21 dan tidak pernah tampil di putaran final Piala Dunia atau turnamen kontinental. Laporte akan mengikuti jejak striker Sevilla Munir El Haddadi, yang memanfaatkan aturan baru pindah ke timnas Maroko pada Maret lalu setelah membela timnas Spanyol di kualifikasi Euro 2016 pada 2014.

Jika semua berjalan lancar, Laporte bisa tampil untuk Spanyol saat skuad Matador memulai kiprahnya di Grup E Euro 2020 melawan Swedia di La Cartuja, Sevilla, pada 14 Juni.

sumber: Antara




Source