Sejak lockdown, 1.789 pemudik telah melintasi perbatasan Banyumas

    REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS – Jumlah pemudik Idul Fitri yang masuk ke wilayah Banyumas sudah cukup banyak. Kapolres Banyumas Kombes Pol M Firman L Hakim mengatakan, sejak isolasi dilakukan di perbatasan Banyumas pada 23 April 2021, ribuan pemudik telah melintasi perbatasan.

    Secara rinci, Kapolres menyebutkan ada 1.789 orang yang menggunakan 470 kendaraan yang masuk ke kawasan Banyumas. Jumlah orang dan kendaraan dipantau dari hasil pemeriksaan di tiga lokasi pemeriksaan yaitu di posko isolasi Ajibarang, Wangon dan Tambak.

    Namun, dari sekian banyak yang melintas, kata Kapolres, hanya 201 kendaraan yang menjadi tujuan akhir kawasan Banyumas. “Lainnya, baru melewati kawasan Banyumas,” ucapnya.

    Berdasarkan data tersebut, dia memperkirakan jumlah pendatang yang sudah sebelum mudik ke kawasan Banyumas mencapai lebih dari 500 orang. Mereka datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor dan kendaraan travel.

    Mereka yang melintasi perbatasan Banyumas diperiksa kondisi fisiknya. Antara lain dengan mengecek suhu tubuh pengemudi dan juga penumpang.

    ” Kalau kondisinya sehat, pemudik yang bukan tujuan akhir Banyumas diajak melanjutkan perjalanan. Tapi yang punya tujuan akhir di Banyumas wajib mengikuti tes antigen, ” terangnya.

    Kapolri mengatakan, kegiatan pemblokiran dengan toleransi masih diperbolehkan hingga 5 Mei 2021. Namun setelah tanggal tersebut, tindakan Satgas Banyumas terhadap pemudik akan semakin tegas.


    Source