Sejarah Garis Waktu PKI: Jejak Darah Hingga Dinormalisasi

    Sejarah dan Jejak Eksistensi dan Kekerasan PKI.

    REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ridwan Saidi, Politisi Senior, Sejarawan, dan Budayawan Betawi.

    1. KLAIM PKI LAHIR 23 Mei 1920. Padahal PSBB, (PERBEDAAN SEJARAH BERSKALA BESAR).

    2. Pada tahun 1920 lahirlah Perhimpunan Komunis Hindia Belanda (PKHB) pada kongres ISDV (Indische Social Demokratisch Vereeniging) di Semarang. INDISCHE SOCIAL DEMOCRATISCH VEEENIGING didirikan oleh SNEEVLIET pada tahun 1914 dan berganti nama menjadi PKHB (Partai Komunis Hindia Belanda).

    3. Pada bulan November 1926 di Labuan dan Lebak Banten terjadi kerusuhan. Di Silungkang pada bulan Januari 1927 juga terjadi kerusuhan. Belanda menuduh komunis bekerja. PKHB dilarang.

    4. Sampai Agustus 1945 tidak ada cerita PKI. Setelah Deklarasi No. X November 1945, PKI hanya didirikan oleh Tan Ling Djie dan MH Lukman. Tan Ling Djie ketua pertama.

    5. Hanya beberapa minggu setelah berdirinya PKI, mereka melakukan pembantaian massal di Brebes, Tegal, Pemalang pada bulan Maret 1946. Para peziarah dibunuh. Kemudian pada tahun yang sama di kesultanan Sumatera Timur PKI melakukan pembantaian. Mereka dihancurkan oleh TKR (Tentara Keamanan Rakyat) dan tidak diadili karena peradilan belum terbentuk.

    6. Pada bulan September 1948 PKI memberontak di Madiun dan ditumpas oleh TNI. Pelaku diadili. Kegiatan PKI dilarang.

    7. Tahun 1952 pimpinan PKI DN Aidit, Tan Ling Djie, MH Lukman, dan Nyoto diterima oleh Presiden Sukarno di Istana. Bung Karno melakukan normalisasi terhadap PKI.



    https://www.republika.co.id/berita/r0cotr385/time-line-sejarah-pki-jejak-darah-hingga-dinormalkan