Sejumlah anggota DPR disuntik vaksin Nusantara hari ini

    Sebelumnya, vaksin Nusantara belum bisa dilanjutkan ke uji klinis tahap selanjutnya.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sejumlah anggota Komisi IX DPR akan disuntik vaksin Nusantara di Rumah Sakit Tentara Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (14/4) hari ini. “Pukul 10.00 bersama teman-teman,” kata Wakil Ketua Komisi IX DPR, Emanuel Melkiades Laka Lena, Rabu (14/4).

    Namun, dia tidak merinci rencana vaksinasi hari ini. “Setelah vaksin (keterangan lebih lanjut),” ucapnya.

    Sebelumnya, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito mengatakan vaksin Nusantara tidak bisa dilanjutkan ke uji klinis tahap selanjutnya. Hal ini dikarenakan beberapa syarat yang belum terpenuhi antara lain Good Clinical Practice, Proof of Concept, Good Laboratory Practice, dan Good Manufacturing Practice.

    Penny mengatakan, BPOM mendukung berbagai pengembangan vaksin asalkan memenuhi kaidah ilmiah untuk memastikan vaksin yang aman, bergizi, dan berkualitas. BPOM mengatakan telah melakukan pendampingan yang sangat intensif mulai sebelum uji klinis, mengeluarkan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK), dan ada komitmen yang harus dipenuhi.

    BPOM juga telah melakukan inspeksi terkait vaksin Nusantara. Menurut Penny, jika ada uji klinis yang tidak memenuhi standar atau tahapan ilmiah yang disyaratkan, akan ada masalah dan tidak bisa dilanjutkan ke proses selanjutnya.

    Tahapan ini tidak bisa diabaikan begitu saja, dan masih banyak aspek kelalaian dalam pelaksanaan uji klinis dari vaksin dendritik fase 1. Dan hal ini sudah disampaikan kepada tim peneliti tentunya atas komitmen tindakan korektif, tindakan preventif yang harus ada. sudah diberikan dari awal. Tapi selalu diabaikan, tapi tidak bisa kembali ke belakang nanti, ”kata Penny, Selasa (13/4).




    Source