Sekitar 500 pegawai Keraton Yogyakarta juga divaksinasi

    REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Abdi dalem Keraton Yogyakarta juga telah divaksinasi Covid-19. Pelindung KHP Nitya Budaya Keraton Yogyakarta, GKR Bendana mengatakan, abdi dalem yang sudah lanjut usia (lansia) diprioritaskan untuk divaksinasi.

    Selain itu, para abdi dalem yang membidangi pariwisata dan seni juga menjadi prioritas dalam vaksinasi yang digelar di Jogja Expo Center (JEC), Kamis (8/4). Setidaknya, sekitar 500 abdi dalem divaksinasi.

    “Saat ini ada sekitar 500 abdi dalem dan mereka diprioritaskan di depan pengabdian. Jadi, seperti penyuluh pariwisata, lalu penari, penampil kesenian dan lain sebagainya,” kata GKR Bendana di JEC, Kamis (8/4).

    Ia mengatakan, total 2.800 abdi dalem di Keraton Yogyakarta. Jadi, vaksinasi para abdi dalem akan dilakukan secara bertahap. “Kami akan menginap secara berkala, tapi yang diutamakan adalah yang lanjut usia dulu,” ujarnya.

    Di Kraton Yogyakarta, kata dia, mayoritas abdi dalem berusia di atas 50 tahun. Dengan begitu, vaksinasi bisa mengurangi risiko para abdi dalem terkena Covid-19.

    “Dengan vaksinasi diharapkan semua kegiatan kembali normal. Setidaknya acara di keraton bisa dilakukan dengan tenang,” jelasnya.

    Silvy Dian Setiawan


    Source