Sekjen MUI: Tingkatkan Usaha dan Doa Kepada Allah SWT

    Sekjen MUI mengajak seluruh umat Islam untuk memperbanyak doa dan ikhtiar

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Amirsyah Tambunan mengingatkan masyarakat dalam menyambut Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah untuk terus berusaha dan berdoa serta bertawakal.

    “Giliran tahun ini adalah anugerah dari Allah SWT dan perlu disambut dengan semangat baru, tekad baru dan kerja keras, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ujarnya saat webinar Tausyiah Tahun Baru Islam, Selasa (10/10). 8).

    Seperti diketahui, tahun baru ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Sehingga banyak tantangan yang harus dihadapi oleh semua pihak.

    Sebagai umat Islam tentunya dalam menghadapi ujian ini penting untuk selalu berdoa, berusaha dan bertawakal. Agar pandemi berakhir, ketiga hal ini diharapkan terus ditingkatkan. “Saya mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah kepada seluruh umat Islam,” ujarnya.

    Tahun Baru Hijriah diatur menurut tahun pertama Nabi hijrah. Namun, Allah telah menetapkan siklus satu tahun dalam Al-Qur’an, Surah At Taubah ayat 36,

    الشُّهُورِ اللَّهِ اثْنَا ا ا اللَّهِ لَقَ السَّمَاوَاتِ الْأَرْضَ ا لِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ لَا لِمُوا ا ا ال

    Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah adalah dua belas bulan, (seperti) dalam ketetapan Allah ketika Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan yang diharamkan. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya dirimu sendiri pada (bulan keempat), dan perangilah orang-orang musyrik sebagaimana mereka memerangi kamu semua. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa.



    https://www.republika.co.id/berita/qxms90320/sekjen-mui-tingkatkan-ikhtiar-dan-doa-kepada-allah-swt